Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Probolinggo

Authors

  • Lukman Hakim Mahasiswa
  • Devy Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12608

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan dunia pendidikan yang dalam tanda kuti yaitu minimnya implementasi ahlakuk karimah. Kita mengetahui dengan perkemgangan zaman yang semakin cepat dengan didorong teknologi tinggi membutuhkan upaya yang imbang yaiti pembinaan akhlak. Pembinaan ini terkadang sangat kurang diperhatikan dan diterapkan di lingkungan pendidikan. Sebagai negara dengan memiliki generasi muda yang banyak maka pembinaan ahlak sangat diperkukan untuk menjunjung tinggi moral dan etika dalam proses pembelajaran. Penerapan kepribadian yang baik dalm suatu negara tidak terlepas dari kehadiarannya negara.  Negara wajib hadir dalam penbentukan moral dan ahlak yaitu dengan saranan bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengunakan sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan dan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam memwujudkan Ahlakuk Karimah dilakukan oleh semua komponen tenaga pendidik di lingkungan SMPN 6 Probolinggo. Dalam hal ini kepala sekolah dan waka kurikulum menuntut untuk semua guru mengajarkan Ahlakul Karimanh, yang menjadi acuan dalam pembenahan ahlak adalah peran dari guru agama karena yang terlibat langsung dalam pelaksanaan para siswa dalam menerapkan hal tersebut. Kemudian juga bersamaan dengan walikelas sebagai perwakilan dari orang tua siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Guru dalam mengajarkan pendidikan ahlak dan moral harus memiliki jiwa pemimpin, korektor dan motivator agar hasil dari pembinaan ahlak dapat berjalan dengan maksimal.

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Lukman Hakim, & Muhammad, D. H. . (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 140–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12608