Strategi Guru Dalam Membentuk Nilai Kebersamaan Melalui Pendidikan Karakter Di MI Darul Hidayah Probolinggo

Authors

  • Sofia Sofia STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Yulina Fadilah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10400

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MI Darul Hidayah Kademangan, terdapat berbagai karakter yang dimiliki oleh peserta didik. Meskipun karakter yang dimiliki berbeda-beda hal tersebut tidak menjadikan hambatan bagi siswa dalam bersosialisasi maupun melaksanakan proses pembelajaran. Siswa saling membantu satu sama lain yang merasa kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru kelas rendah dalam membentuk nilai kebersamaan melalui pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Dalam hal ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif yang bersifat deskripsi. Informan penelitian diantaranya : Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh maka peneliti perlu menganalisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Adanya penelitian ini bertujuan agar guru mengetahui bagaimana strategi ataupun metode pembelajaran yang digunakan dalam membentuk nilai kebersamaan melalui pendidikan karakter. Karena tentu saja setiap kelas akan memiliki masing-masing cara dalam proses pelaksanaanya dan dalam pembentukan nilai kebersamaan guru tidak hanya menggunakan proses pembelajarannya sebagai program kegiatan akan tetapi guru juga mencatumkan kebiasaan yang diterapkan terhadap siswa.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Sofia, S., Fadilah, Y. ., & Muhammad, D. H. . (2022). Strategi Guru Dalam Membentuk Nilai Kebersamaan Melalui Pendidikan Karakter Di MI Darul Hidayah Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12267–12279. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10400