Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) di Sekolah Dasar X Bekasi Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11878Abstract
Keterampilan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis yang selalu ditekankan dalam pembelajaran saat ini. Kemampuan berpikir kritis pada peserta didik harus selalu diasah, dalam hal ini kinerja guru sangat diperlukan dalam pembentukan peserta didik yang dapat berpikir kritis. Saat ini pemerintah sedang menggalakan mengenai penerapan soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada peserta didik, agar peserta didik dapat berlatih berpikir kritis, tentunya tugas guru disini adalah dengan membuat peserta didik memiliki keinginan untuk menyelesaikan soal tersebut. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mengajak peserta didik untuk berliterasi. Dengan berliterasi dapat membuat peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Langkah-langkah menulis item soal HOTS yaitu: a) menganalisis KD yang dapat dibuat item soal-soal HOTS, b) menyusun kisi-kisi soal, c) memilih stimulus yang menarik dan kontekstual, d) menulis butir pertanyaan yang sesuai dengan kisi-kisi soal, e) membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban.Downloads
Published
2023-01-25
How to Cite
Cahyaningrum, V. D. ., Tambunan, W. ., & Tampubolon, H. . (2023). Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) di Sekolah Dasar X Bekasi Timur . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5376–5381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11878
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Vincentia Dea Cahyaningrum, Witarsa Tambunan, Hotner Tampubolon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









