Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) Di Sekolah Dasar X Bekasi Timur

Authors

  • Vincentia Dea Cahyaningrum Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Witarsa Tambunan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Hotner Tampubolon Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11774

Abstract

Keterampilan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis yang selalu ditekankan dalam pembelajaran saat ini. Kemampuan berpikir kritis pada peserta didik harus selalu diasah, dalam hal ini kinerja guru sangat diperlukan dalam pembentukan peserta didik yang dapat berpikir kritis. Saat ini pemerintah sedang menggalakan mengenai penerapan soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada peserta didik, agar peserta didik dapat berlatih berpikir kritis, tentunya tugas guru disini adalah dengan membuat peserta didik memiliki keinginan untuk menyelesaikan soal tersebut. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mengajak peserta didik untuk berliterasi. Dengan berliterasi dapat membuat peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Langkah-langkah menulis item soal HOTS yaitu: a) menganalisis KD yang dapat dibuat item soal-soal HOTS, b) menyusun kisi-kisi soal, c) memilih stimulus yang menarik dan kontekstual, d) menulis butir pertanyaan yang sesuai dengan kisi-kisi soal, e) membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Cahyaningrum, . V. D. ., Tambunan, W., & Tampubolon, H. . (2023). Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) Di Sekolah Dasar X Bekasi Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4927–4931. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11774