Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang

Authors

  • Imroatun Khasanah Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11857

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengutamakan kebutuhan belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif.  Dengan melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik kemudian membuat perencanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi , melaksanakan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi yang telah dibuat dan melakukan evaluasi serta refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang telah dilakukan di kelas IX.8 SMPN 33 Palembang memiliki dampak yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik karena setelah dilakukan pembelajaran berdiferensiasi hanya sekitar 5% peserta didik yang masih memiliki motivasi belajar yang kurang baik.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Khasanah, I. ., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324–5327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11857