Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berbasis Regulasi Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar SIswa

Authors

  • Yori Firmansyah SMPN 2 X Koto Diatas Kab. Solok
  • Masril Masril UIN Mahmud Yunus
  • Wahidah Fitriani UIN Mahmud Yunus
  • Ardimen Ardimen UIN Mahmud Yunus
  • Irman Irman UIN Mahmud Yunus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11573

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berbasis Regulasi Diri dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Karena kondisi siswa di daerah tempat SMP ini berdiri mempunyai latang belakang yang heterogen sehingga perlunya konseling kelompok berbasis regulasi diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Agar siswa memiliki kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konseling kelompok berbasis regulasi diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan one group pretest and posttets design. Dalam penelitian ini penulis memberikan treatment konseling kelompok berbasis regulasi diri kepada 10 orang siswa di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan tingkat kedisiplinan belajar siswa setelah diberikan treatment konseling kelompok berbasis regulasi diri dengan Hasil paired t test menunjukan bahwa to (6,275) > tt (1,833) pada alpha 0,05 dan df 9 dan nilai n-gain tingkat kedisiplinan belajar siswa setelah mendapatkan konseling kelompok berbasis regulasi diri yaitu 0,43 atau 43% berada pada kategori sedang. Hal ini memberikan bukti bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat kedisiplinan belajar siswa setelah mendapatkan intervensi konseling kelompok berbasis regulasi diri. Bukti statistik ini mendukung hipotesis dalam penelitian ini, yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya konseling kelompok berbasis regulasi diri berpengaruh meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Firmansyah, Y. ., Masril, M., Fitriani, W. ., Ardimen, A., & Irman, I. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berbasis Regulasi Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar SIswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4362–4367. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11573

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2