Pengaruh Permainan Tebak Warna Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kecamatan Sukarami Palembang

Authors

  • Selvi Waladiya Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kris setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Nyimas Atika Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Fitri Oviyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11452

Abstract

Rendahnya kemampuan anak dalam koordinasi mata dan tangan serta kemampuan menggunakan jari jemari di TK Mekar Sari. Tujuan penelitian untuk menganalisi apakah terdapat pengaruh antara kegiatan terhadap kemampuan konsentrasi anak kelompok A di TK Mekar sari Sukarami. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian adalah Quassy Eksperimental Desain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 anak kelas A dan B di TK Mekar sari Sukarami. Kelompok eksperimen menggunakan kegiatan kolase dan kelompok kontrol menggunakan kegiatan mewarnai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknis analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didpata bahwa terdapat hasil perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan kegiatan tebak warna dimananilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 61,39 sedangkan kelompok kontrol 65,67 kemudian berdasarkan perhitungan dimana nilai ttabel untuk taraf signifikan 5% sebesar 2,055. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (0,212>0,271), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya permainan tebak warna  memliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsentrasi anak kelompok B di TK Mekar sari Sukarami.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Waladiya, S. ., setyaningsih, K. ., Atika, N. ., Oviyanti, F. ., & Dewi, K. . (2023). Pengaruh Permainan Tebak Warna Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2967–2976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11452