Identifikasi Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah

Authors

  • Dinah Nadhifah Nadhifah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Try Suci Prastiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Erina Damayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Alifia Bilqish Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Harits Heriadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11223

Abstract

Pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif jika dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penyampaian informasi dan aktivitas yang dirancang untuk membantu peserta didik memhami pelajaran dengan mudah dan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA yang berlangsung pada kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan memaknai subjek serta memberikan gambaran gejala yang tampak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi satau pengamatan langsung di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa Pelaksanaan proses pelajaran IPA pada kelas 4 sama seperti proses pembelajaran pada umumnya yang dilakukan melalui beberapa langkah yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menyampaikan pelajaran menggunakan model dan metode. Pemahaman siswa terkait pelajaran IPA masih kurang baik dikarenakan kurangnya fokus mereka terhadap informasi yang disampaikan guru dan beberapa kendala ditemukan seperti tidak adanya alat atau media pembelajaran yang digunakan.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Nadhifah, D. N., Aufa, A., Prastiwi, T. S. ., Damayanti, E. ., Bilqish, A. ., & Heriadi, H. . (2023). Identifikasi Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1830–1835. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11223

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>