Penanganan Santri Lupa Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Huffazh Al Arief Kecamatan Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16593Abstract
Salah satu aspek yang sangat penting dalam proses menghafal Al-Qur’an adalah muraja’ah. Melakukan muraja’ah secara mandiri dengan terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penanganan bagi santri yang lupa hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffazh Al Arief, pelaksanaan dari langkah-langkah yang telah dilakukan oleh santri, dan hasil dari pelaksanaan langkah-langkah penanganan santri yang lupa hafalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Muraja’ah secara mandiri dengan waktu luang yang kosong, (2) Muraja’ah bersama para ustadz pembimbing, (3) Muraja’ah bersama teman-teman santri lainnya. (4) Para santri melawan rasa malas, ngantuk dengan melihat kembali serta merasakan hasil kerja keras dan jerih payah orang tuanya, dan tak lupa pula ustadz pembingbing memberi motivasi-motivasi yang menumbuhkan juga membangun rasa semangat yang membara pada santri sehingga penghafalan Al-Qur’an bagi para santri-santri tidak berhenti ditengah jalan dan hilang begitu saja serta istiqomah dalam menghafal untuk mencari keridhaan-Nya dan memberikan mahkota kepada kedua orang tua di akhirat kelak.Downloads
Published
2023-07-27
How to Cite
Jamora, A. G., Rangkuti, A. R. ., Wassalwa, M. ., Khairani, A. ., & Heriadi, H. . . (2023). Penanganan Santri Lupa Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Huffazh Al Arief Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 104–108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16593
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Abdul Gani Jamora, Adinda Rahmah Rangkuti, Manna Wassalwa, Alfiah Khairani, Harits Heriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).