Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Menulis di SD Negeri 04 Sarilamak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11045Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan oleh kepala sekolah untuk mengembangkan budaya literasi di SD Negeri 04 Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan beberapa orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi wawancara kepada kepala sekolah dan beberapa guru. Keabsahan data diperiksa dengan meningkatkan teknik observasi dan triangulasi. Proses dari pengembangan budaya literasi berlangsung dalam tiga tahap: (1) Menumbuhkan budaya literasi dengan merumuskan tujuan kegiatan, merumuskan program kegiatan, merumuskan strategi kegiatan, menetapkan sistem pengelolaan kegiatan, dan mengelola sarana dan prasarana kegiatan. ( 2 ) Proses melakukan literasi dan kegiatan budaya dengan memberikan contoh, mengajar, menumbuhkan kebiasaan menulis, mengembangkan kebiasaan menulis. ( 3 ) Evaluasi dengan merevisi tulisan oleh kepala sekolah dan kegiatan pengubahan koleksi menjadi buku dan kemudian diterbitkan sebagai bahan referensi penumbuhan budaya literasi di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pimpinan sekolah dapat merangsang minat dan menggali bakat guru dalam bidang literasi khususnya menulis.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Yuliani Z, F. ., & Hendriani, S. . (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Menulis di SD Negeri 04 Sarilamak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 823–828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11045
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fitri Yuliani Z, Suswati Hendriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).