Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Menulis di SD Negeri 04 Sarilamak

Authors

  • Fitri Yuliani Z UPTD SDN 12 Guguak VIII Koto, Sumbar
  • Suswati Hendriani UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11045

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan oleh kepala sekolah untuk mengembangkan budaya literasi di SD Negeri 04  Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan beberapa orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi wawancara kepada kepala sekolah dan beberapa guru. Keabsahan data diperiksa dengan meningkatkan teknik observasi dan triangulasi. Proses dari pengembangan budaya literasi berlangsung dalam tiga tahap: (1) Menumbuhkan budaya literasi dengan merumuskan tujuan kegiatan, merumuskan program kegiatan, merumuskan strategi kegiatan, menetapkan sistem pengelolaan kegiatan, dan mengelola sarana dan prasarana kegiatan. ( 2 ) Proses melakukan literasi dan kegiatan budaya dengan memberikan contoh, mengajar, menumbuhkan kebiasaan menulis, mengembangkan kebiasaan menulis. ( 3 ) Evaluasi dengan merevisi tulisan oleh kepala sekolah dan kegiatan pengubahan koleksi menjadi buku dan kemudian diterbitkan sebagai bahan referensi penumbuhan budaya literasi di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pimpinan sekolah dapat merangsang minat dan menggali bakat guru dalam bidang literasi khususnya menulis.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Yuliani Z, F. ., & Hendriani, S. . (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Menulis di SD Negeri 04 Sarilamak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 823–828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11045