Urgensi Micro Teaching dalam Upaya Membentuk Calon Guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10825Abstract
Adapun masalah yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah apa saja urgensi micro teaching dalam upaya membentuk calon guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, bagaimana pelaksanaan pembelajaran micro teaching dalam upaya membina calon guru di UIN Sayyid Ali Rahmtullah Tulunagagung.Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui apa saja urgensi pembelajaran microteaching dalam upaya membentuk calon guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran micro teaching dalam upaya membina calon guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif,yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya .Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan obyek penelitian secara apa adanya.Hasil penelitian bahwa:Berbagai jenis yang diperankan micro teaching dalam upaya membentuk calon guru, yang dimulai dari mempelajari keterampilan dasar keguruan hingga praktek. Pelaksanaan yang dilakukan dalam micro teaching diadakan15-20 menit. Banyak kesulitan dan hambatan yang dirasakan calon guru ketika praktek yang dimulai sejak diadakan perencanaan, baik itu yang menyangkut dengan pembuatan RPP sebanyak berapa kali praktek dengan materi yang berbeda, menyiapkan materi, bagaimana menggunakan berbagai metode, strategi, mengelola kelas, keterbatasan waktu. Untuk menghadapi hambatan dan kesulitan satu-satunya cara harus melewatinya agar kesulitan bisa teratasi. Seperti halnya hambatan yang dihadapi dalam praktek tanpa adanya keberanian tidak akan diketahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki, dan dengan kesalahan yang dilakukan akan diketehui cara mengatasi atau memperbaikinyaDownloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Mustofa, M., Arif, M. ., & Khomsiyah, I. . (2023). Urgensi Micro Teaching dalam Upaya Membentuk Calon Guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1922–1927. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10825
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mustofa Mustofa, Mahmud Arif, Indah Khomsiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









