Landasan Sosiologis-Antropologis dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Mafdurotul Goliah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Miftahul Jannah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10267

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dipisahkan dari landasan sosiologis-antropologis. Karena kebudayaan berlandaskan sosiologi merupakan salah satu pembentuk kepribadian siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana landasan sosiologis-antropologis dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Penulisan ini menggunakan desain penulisan telaah dokumen. Sumber data sekunder merupakan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Buku dan laporan ilmiah primer atau asli yang diterbitkan dalam artikel atau jurnal merupakan sumber data sekunder yang dikutip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini ialah melalui kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam kajian literatur ini terdiri dari 4 tahapan, yakni : 1) Pencarian literatur yang relevan, 2) Analisis data, 3) klasifikasi/Pemilihan data, 4) Penarikan Kesimpulan. Artikel ini menunjukan betapa pentingnya memanfaatkan landasan sosiologis-antropologis yang merupakan salah satu kontribusi terpenting bagi pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Goliah, M., Jannah, M. ., Hidayat, S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Landasan Sosiologis-Antropologis dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11416–11423. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10267