Pengaruh Peran Guru Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 2 Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10166Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena yang terjadi dilapangan yakni di MAN 2 Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasi bahwasannya terdapat kurangnya kecerdasan spiritual siswa, terlihat dari siswa yang lalai dalam melaksanakan sholat, berkata kasar dan tidak menunjukkan sikap sabar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh peran guru terhadap kecerdasan spiritual siswa MAN 2 Kota Pekanbaru. Manfaat penelitian ini ialah secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam penulisan karya ilmiah terkhusus dengan judul pengaruh peran guru terhadap kecerdasan spiritual siswa. Secara praktis, hasil penelitian harapkan mampu menjadi evaluasi guru matapelajaran dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dengan menciptakan program baru untuk menunjang kecerdasan spiritual siswa yang lebih baik. Populasi penelitian ini ialah siswa MAN 2 Kota Pekanbaru yang berjumlah 953 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 144 siswa dengan teknik proporsional sampling yaitu pengambilan sampel 15% dari jumlah keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Pengolahan data dengan teknik analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Peran Guru Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 2 Kota Pekanbaru, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Peran Guru Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 2 Kota Pekanbaru yaitu sebesar 17,1%.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Nadilla, L. ., Eddison, A. ., & Primahardani, I. . (2022). Pengaruh Peran Guru Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10918–10923. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10166
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lia Nadilla, Ahmad Eddison, Indra Primahardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









