Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10019Abstract
Dalam menumbuhkam sikap sosial memerlukan strategi guru dalam penanaman sikap sosial anak, lalu penting juga untuk anak dapat belajar mandiri agar penanaman sikap sosial yang diberikan dapat diterapkan dan berguna bagi kehidupan. Adapun tujuannya yaitu: (1) Membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi antar sesama dan berbagai bidang; (2) Membekali siswa dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial; (3) Membekali siswa dengan kesadaran, sikap mental dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup; dan (4) mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian studi literatur. Hasil dan pembahasannya yaitu pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi salah satu cara yang dapat memotivasi siswa untuk dapat menghargai perbedaan dan yang penting adalah perbedaan-perbedaan individu pada diri siswa. Dalam hal tersebut diperlukan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk bersikap sosial yang baik, maka dari itu diperlukan cara kreatif guru yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang mendorong anak untuk akrif, dapat juga dengan menggunakan metode diskusi kelompok yang melatih sikap interaksi anak.Downloads
Published
2022-12-10
How to Cite
Afriliani, M. ., Magdalena, M., & Rustini, T. . (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10254–10260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10019
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mae Afriliani, Magdalena, Tin Rustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).