Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar

Authors

  • Mae Afriliani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Magdalena Magdalena Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10019

Abstract

Dalam menumbuhkam sikap sosial memerlukan strategi guru dalam penanaman sikap sosial anak, lalu penting juga untuk anak dapat belajar mandiri agar penanaman sikap sosial yang diberikan dapat diterapkan dan berguna bagi kehidupan. Adapun tujuannya yaitu: (1) Membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi antar sesama dan berbagai bidang; (2) Membekali siswa dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial; (3) Membekali siswa dengan kesadaran, sikap mental dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup; dan (4) mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian studi literatur. Hasil dan pembahasannya yaitu pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi salah satu cara yang dapat memotivasi siswa untuk dapat menghargai perbedaan dan yang penting adalah perbedaan-perbedaan individu pada diri siswa. Dalam hal tersebut diperlukan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk bersikap sosial yang baik, maka dari itu diperlukan cara kreatif guru yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang mendorong anak untuk akrif, dapat juga dengan menggunakan metode diskusi kelompok yang melatih sikap interaksi anak.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Afriliani, M. ., Magdalena, M., & Rustini, T. . (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10254–10260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10019

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>