PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SORT KELAS V SDTI 030 BATU BELAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.336Keywords:
Keterampilan menulis, Model Active Learning teknik Card Sort, PuisiAbstract
Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk meningkatan keterampilan menulis siswa kelas V SD TI 030 Batu Belah. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 7 orang, dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi di kelas V SD TI 030 Batu Belah pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 70,05. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 12 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 60,00%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 81,05 dari 20 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan model Active Learning teknik Card Sort dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas V SDN TI 030 Batu Belah.References
Anisyah. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Karangmalang Sragen
Arikunto, dkk . (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara
Aveus, H. (2011). Yuk, Menulis ! Diary, Puisi, dan Cerita Fiksi. Yogyakarta:G-media
Danim, S. (2011). Perkembangan peserta didik. Bandung: Alfabeta.
Djago, T. ( 2001). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta:Universitas Terbuka
Daryanto, (2009). Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: AV Publisher.
Elitot (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali
Faizah,H. (2009). Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Cendikia Insani
Ganie,T.N.(2015). Buku Induk Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Araska Publisher.
Hamalik, (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyanto, dkk (2012) Active Learning. Bandung: Nusamedia
Haryadi, Z. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Indah, A.P. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Kejadian Alam Pada Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 4 Wates, Universitas Negeri Yogyakarta.
Ketut, S. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V SDN 3 Tukadmungga Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan ProfesiGuru. Jakarta : Rajawali.
Kundharu, S. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.
Lewin. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali.