HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN AKSEPTOR KB AKTIF DENGAN PENGGUNAAN ALATKONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DI DESA PENYASAWAN WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KAMPAR TAHUN 2019

Authors

  • Fitri Apriyanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Dian Novita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Tingkat Kecemasan, Penggunaan AKDR

Abstract

Upaya pemerintah untuk mengantisipasi laju pertumbuhan penduduk yang sangat cepat ini dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mencanangkan Program Keluarga Berencana (KB) yang dimulai sejak tahun 1970. Berdasarkan dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar tahun 2018, pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) di wilayah kerja Puskesmas Kampar masih rendah terdapat 4826 akseptor KB aktif yang menggunakan AKDR yaitu sebanyak 108 orang atau 2,23%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan penggunaan AKDR di desa Penyasawan wilayah kerja Puskesmas Kampar tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan data primer dan sekunder. Populasinya seluruh akseptor KB aktif di desa Penyasawan. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 86 responden. Analisa data penelitian ini adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini yaitu variabel tingkat kecemasan dengan nilai P-Value = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kecemasan memiliki hubungan dengan penggunaan AKDR. Diharapkan kepada bidan desa Penyasawan agar dapat melakukan upaya yang lebih terencana dan efektif dalam memberikan penyuluhan dan konseling keluarga berencana bagi calon maupun akseptor KB.

References

Andini, IC. 2017. Hubungan Dukungan Suami dengan Pemilihan Kontrasepsi IUD di Puskesmas Tempel I Sleman Yogyakarta.Jurnal. Fakultas Ilmu Kesehatan ‘Aisyah Yogyakarta.

Anggara, VSP. 2015. Hubungan Tingkat Kecemasan Akseptor dengan Pemilihan Kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) di PKD Kamongan Srumbung Magelang.Jurnal. STIKes ‘Aisyah Yogyakarta.

BKKBN. 2015. Pedoman Pelaksanaan Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Penerbit BKKBN, Jakarta.

Carpenito, Lynda Juall, (2006). Book of nursing diagnosis, Edisi 10 Alih Bahasa Monica Ester.Jakarta : EGC Buku Kedokteran EGC.https://patmawati-vht.blogspot.com/2015/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi rendahnya-pengguna-alat-kontrasepsi-dalam-rahim(AKDR).html(diakses pada tanggal 18 agustus 2019).

Depkes RI, 2000. Buku Penuntun Petugas Klinik Keluarga Berencana. Jakarta.

Galuh, R. 2017. Hubungan Dukungan Suami, Self Efficacy dengan Kepuasan Pengunaan IUD di Puskesmas Mojo Surabaya. Skripsi.Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Gerungan, W.A. 2004.Psikologi Sosial. PT. Refika Aditama, IKAPI. Bandung.

Handayani, S. 2010. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Hartanto, H, 2008. Keluarga Berencana Dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kusumaningrum, R. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jenis Kontrasepsi yang digunakan pada PUS, Skripsi. Semarang: FKM Universitas Diponegoro.

Manuaba L.B.G. 2006.Memahami Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Bidan. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pinem, S. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: Trans Info Media.

Proverawati, Atikah.,Islaely, A,D., dan Aspuah, Siti. 2016. Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha Medik.

Profil Kesehatan Indonesia.(2016), Profil Kesehatan Indonesia 2016, Tersedia dalamhttp://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2015.pdf (diakses tanggal 17 juli 2019).

Saifudin, 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: YBPSP.

Sarwono, S. 2003. Psikologi Sosial dan Individu dan Teori-Teori Psikolog Sosial.Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.

Sulistyawati, A. 2013.Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika.

Suratun, 2008.Pelayanan Keluarga Berencana & Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta: Trans Info Media.

Sulistyawati, A. 2013. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2020-06-17

Issue

Section

Articles