PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP KUALITAS TIDUR BAYI USIA 6-12 BULAN DI ROEMAH MINI BABY KIDS & MOM CARE SIAK

Authors

  • Yuni Citra Dewi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Nurman Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Dhini Anggraini Dhilon Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Pijat Bayi, Kualitas Tidur Bayi

Abstract

Pijat bayi merupakan terapi berupa sentuhan dengan tekanan di bagian tubuh tertentu. Kualitas tidur adalah suatu keadaan tidur yang dijalani serta menghasilkan kesegaran dan kebugaran saat terbangun. Sebagian besar masalah kualitas tidur pada bayi disebabkan kurangnya durasi tidur sesuai usia (kurang secara kuantitas) atau gangguan dan fragmentasi dari tidur (kualitas tidur yang buruk). Salah satu terapi untuk menyelesaikan masalah tidur bayi adalah pijat bayi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi usia 6- 12 bulan di Roemah Mini Baby Kids & Mom Care Siak. Jenis penelitian kuantitatif dengan Quasi Exsperimen jenis pre test dan post test design. Populasi penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi berusia 6-12 bulan yang melakukan pijat bayi di Roemah Mini Baby Kids & Mom Care Siak. Sampel kasus diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu 30 orang. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada pengukuran kualitas tidur bayi pretest, 15 responden (50%) memiliki kualitas tidur yang kurang, 12 responden (40%) dengan kualitas tidur cukup dan sisanya 3 responden (10%) dengan kualitas tidur yang baik. Pada pengukuran kualitas tidur bayi posttest, 30 responden (100%) memiliki kualitas tidur yang baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa p value sebesar 0,000 sehingga ada pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi. Disarankan bagi Roemah Mini Baby Kids & Mom Care Siak agar lebih menjelaskan dan mempromosikan mengenai efek pijat bayi agar ibu yang mempunyai bayi mau memijat bayinya sehingga kualitas tidur bayi meningkat.

References

Dewi, Utami. dkk. 2014. Pengaruh Pemijatan terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-4 Bulan di Posyandu Gelatik dan Nuri Kelurahan Tanjungunggat Wilayah Kerja Puskesmas Sei Jang Kota Tanjung Pinang. Jurnal Ners dan Kebidanan Vol. 1 No.3 pp. 144-150 [10 Maret 2020].

Handi, Fransisca. 2011. Panduan Cerdas Perawatan Bayi. Jakarta.

Ifalahma, Darah dan Anik Sulistiyanti. 2016. Efektivitas Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi di Kelurahan Kadipiro Banjarsari Surakarta. Infokes, Vol. 6 No.2. [15 Maret 2020].

Khasanah. 2012. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Pola Tidur pada Bayi Usia 3-6 Bulan di Dusun Gandekan Desa Trirenggo Bantul. Vol.4 No.3. [15 Maret 2020].

Marta, E. 2014. Home Baby SPA. Jakarta. Penerbit Plus.

Mindell, Jodi. A. 2017. Message-Based Bedtime Routine: Impact on Sleep and Mood in Infants and Mothers. Science Direction Vol. 31, pp.51-57. [12 Maret 2020].

Pamungkas, Bintang Aji. 2016. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi Umur 0-6 Bulan di Puskesmas Kartasura. Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. [15 Maret 2020].

Putra, Sitiatava Rizema. 2012. Asuhan Neonatus Bayi dan Balita untuk Keperawatan dan Kebidanan. Jogjakarta: D-Medika.

Roesli, U. 2013. Baby Message Guideliness. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Sekartini, Rini dan Bernie Endrayani Medise. 2011. Buku Pintar Bayi. Jakarta: Pustaka Bunda.

World Health Organization (WHO). 2012. Angka Kematian Bayi. Amerika: WHO.

Wong, Ferry. 2010. Panduan Lengkap Pijat. Jakarta. Penebar Plus.

Downloads

Published

2020-11-09

Issue

Section

Articles