PENGARUH PIJAT OKETANI TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGKINANG KOTA

Authors

  • Vania Putri Ulan Sari UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
  • Syukrianti Syahda UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Keywords:

Produksi ASI kurang, Pijat Oketani

Abstract

Pemberian ASI eksklusif dimulai dari bayi baru lahir sampai bayi berusia 6 bulan. Produksi ASI yang kurang dapat menyebabkan terganggunya proses menyusui sehingga menjadi salah satu faktor ibu tidak memberikan ASI secara eksklusif. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan angka cakupan ASI rendah yaitu 9,7% di wilayah kerja Puskesmas Bangkinang Kota adalah dengan melakukan terapi pijat oketani. Pijat oketani merupakan manajemen keterampilan untuk mengatasi masalah laktasi seperti produksi ASI yang tidak cukup atau ASI kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan produksi ASI sebelum dan sesudah diberikan pijat oketani pada ibu nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu nifas hari pertama dengan sampel sebanyak 25 orang menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan t test dependen. Hasil penelitian menunjukkan produksi ASI ibu nifas sebelum dilakukan pijat oketani diperoleh nilai rata-rata yaitu 82,40 cc. Sedangkan produksi ASI ibu nifas sesudah diberikan pijat oketani memiliki nilai rata-rata yaitu 105,20 cc di peroleh nilai p value = 0.000 (≤ 0,005). Diharapkan ibu nifas yang telah melakukan pijat oketani agar bisa tetap melakukan pijat secara rutin, sehingga dapat lebih memperlancar dan memperbanyak produksi ASI Ibu.

References

Adiningrum, Hapsari. (2014). Buku Pintar ASI Eksklusif. Jakarta Timur : Salsabila.

Astutik, Reni Yuli. (2014). Payudara dan Laktasi. Jakarta : Salemba Medika.

Astuti. dkk. (2015). Asuhan Kebidanan Nifas & Menyusui. Jakarta : Erlangga.

Buhari, Suharti. dkk. (2018).†Perbandingan Pijat Oketani dan Oksitosin terhadapProduksi Air Susu Ibu pda Ibu Post Partum Hari Pertama sampai Hari Ketiga di Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar.†Jurnal KesehatanDelima Pelamonia (Vol.2, No.2, Desember 2018,p-ISSN : 2597-7989).

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2014).Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik AnalisisData Contoh Aplikasi Studi Kasus. Jakarta : Salemba Medika.

Jahriani, Nani. (2019). “ Pengaruh Pijat Laktasi Terhadap Produksi ASI pada IbuMenyusui Di Kelurahan Sendang Sari Kabupaten Asahan Tahun 2019.â€Excellent Midwifery Journal (Volume 2 No. 2, Oktober 2019).

Jeongsug,Cho.dkk. (2012).†Effects of Oketani Breast Massage on Breast Pain, the Breast Milk pH of Mothers, and the Sucking Speed of Neonates.†Korean JWomen Health Nurs Vol.18 No. 2, 149-158, June,2012.

Kabir & Tasnim. (2009). “Oketani Lactation Management: A New Method to Augment Breast Milk.†Review Article.

Kusumastuti. dkk. (2018). “ Efektifitas Pijat Oketani Terhadap Pencegahan Bendungan ASI Pada Ibu Postpartum.†The University Research Colloqium 2018.

Maryunani, Anik. (2012). Inisiasi Menyusui Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Machmudah. (2017). “Sukses Menyusui Dengan Pijat Oketani.†Prosiding SeminarNasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Machmudah. dkk. (2018).†Pijat Oketani Menurunkan Kadar Hormon Kortisol Pada Ibu Menyusui di Kota Semarang.†Jurnal Keperawatan dan PemikiranIlmiah.4(2).66-71.

Muliani, Resty Himma. (2015). “Perbedaan Produksi ASI sebelum dan Sesudah Dilakukan Kombinasi Metode Massase Depan (Breast Care) dan Massase Belakang (Pijat Oksitosin) Pada Ibu Menyusui 0-3 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kesamiran Kabupaten Tegal.

Notoatmojo, Prof.Dr. Soekidjo. (2010).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahmawati, Anita.dkk. (2017). “ Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produksi Air Susu Ibu (ASI) Pada Ibu Menyusui yang Bekerja ( Analysis of FactorsAffecting Breastmilk Production on Breastfeeding Working Mothers ).â€Jurnal Ners dan Kesehatan,Volume 4, No. 2, Agustus 2017.

Rukiyah. dkk. (2011).Asuhan Kebidanan III. Jakarta : CV. Trans Info Media,Jakarta.

Sudargo, Toto & Kusmayanti, Nur Aini.(2019). Pemberian ASI Eksklusif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Susanto, AM.Keb., SKM., MPH. (2018).Asuhan Kebidanan Nifas & Menyusui Teori dalam Praktik Kebidanan Profesional. Yogyakarta : Pustaka BaruPress.

Walyani & Purwoastuti. (2015).Asuhan Kebidanan Masa Nifas & Menyusui. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2020-11-09

Issue

Section

Articles