Pemberdayaan Siswa SDN 012 Tambang Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Melalui Edukasi Sanitasi Dan Gizi Seimbang
DOI:
https://doi.org/10.31004/covit.v5i2.49044Abstract
Diare masih menjadi salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada balita di Indonesia, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang sanitasi dan pola makan yang tidak seimbang. Pencegahan diare perlu dilakukan melalui pendekatan promotif dan preventif yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak usia sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan siswa SDN 012 Tambang sebagai agen edukasi dalam upaya pencegahan diare pada balita melalui penyuluhan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta pentingnya gizi seimbang. Metode yang digunakan meliputi edukasi interaktif, pemutaran video, demonstrasi cuci tangan pakai sabun, pembagian leaflet, serta kuis dan diskusi. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 68 siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, serta antusiasme dalam menyampaikan kembali informasi kepada keluarga di rumah. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan dalam menurunkan angka kejadian diare di lingkungan sekitar melalui peran aktif siswa sebagai agen perubahan.Downloads
Published
2025-08-06
How to Cite
Dita Puteri, A., Isnaeni, L. M. A., & Yuristin, D. (2025). Pemberdayaan Siswa SDN 012 Tambang Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Melalui Edukasi Sanitasi Dan Gizi Seimbang. COVIT (Community Service of Tambusai), 5(2), 7–13. https://doi.org/10.31004/covit.v5i2.49044
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Ade Dita Puteri, Lira Mufti Azzahri Isnaeni, Devina Yuristin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).