This is an outdated version published on 2022-11-10. Read the most recent version.

PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BUSANA DENGAN KONSEP EDUPRENEUR

Authors

  • Dewi Rahmawaty Sekolah Tinggi Desain Interstudi
  • Nadiroh Nadiroh Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8643

Keywords:

Pola Busana, Edupreneur, LKP

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk transfer ilmu tentang pembuatan pola busana. Dilihat dari permintaan pasar, permintaan pembuatan pola busana belum mampu dipenuhi di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Dewi Qudwah. Tujuan selanjutnya dari program ini adalah mempersiapkan usaha yang suistainable di Kelurahan Aren Jaya melalui transfer ilmu dan praktik pembuatan pola busana hingga pemasaran. Kegiatan pengabdian ini dilatar belakangi dengan kondisi generasi muda yang memilih untuk menjadi Youtuber namun ketika kembali ke desa justru kebingungan mencari pekerjaan. Tim pengabdian melihat bahwa generasi muda ini belum memiliki soft skill khusus yang dapat membuka usaha. Pembuatan pola busana menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi. Metode yang digunakan Parcipatory Rural Appraisal (PRA). Kegiatan pengabdian di Kelurahan Aren Jaya mendapatkan dukungan dari pemerintah desa dan khalayak sasaran. Kegiatan pengabdian ini sangat menarik bagi karang taruna. Faktor yang membuat program ini menarik adalah, pelatihan dilaksanakan langsung diikuti dengan praktik. Pelaksanaan manajemen organisasi memberikan pembelajaran tentang tanggung jawab pada karang taruna. Karang taruna sebagai khalayak sasaran memiliki usaha mandiri pembuatan pola busana.

References

Afiatin, T., Sonjaya, J. A., & Pertiwi, Y. G.. (2013). Mudah dan Sukses Menyelenggarakan Pelatihan: Melejitkan Potensi Diri. Yogyakarta: Kanisius.

Berlianti & Siregar, Mastauli (2017). Kemandirian Perempuan Melalui Keterampilan Menjahit. ABDIMAS TALENTA, 2(2), 179-186.

Charles W. Lavaroni, M.S. & Donald E. Leisey. 2011. The Edupreneur. http://www.edentrepreneurs.org/edupreneur.php

EdTech Digest. 2017. 50 Most Innovative Edupreneurs. https://edtechdigest.wordpress.com/lists/50-fascinating-edupreneurs/

Hamalik, Oemar. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Ida, Nur. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Jurnal EMPOWERMENT, 6(2), 11-19.

Nuryanto, Wahyu. (2014). Peranan Pendidikan Keterampilan Menjahit Terhadap Peningkatan Ekonomi Warga Belajar Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Mandiri Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah S1, 3(6).

Muliawan, Porrie. (2011). Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: Libri.

Prahastuti, Endang. (2007). Analisis Pola Dasar Pakaian Sistem Meyneke Pada Berbagai Bentuk Tubuh Mahasiswa. Malang: Pusat Penelitian IKIP Malang.

Pratiwi, Djati. (2001). Pola Dasar dan Pecah Pola Busana. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sylvia Guinan. 2015. Edupreneurs – Creating A New Wave of Disruption In Education. https://blog.wiziq.com/edupreneurs-creating-a-new-wave-of-disruption-in-education/

Downloads

Published

2022-11-10

Versions

How to Cite

Rahmawaty, D. ., & Nadiroh, N. (2022). PEMBERDAYAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BUSANA DENGAN KONSEP EDUPRENEUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1794–1800. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8643