STRATEGI PENGUATAN LITERASI, NUMERASI DAN TEKNOLOGI DI UPT SDN 84 GRESIK

Authors

  • Tri Kristianti Universitas Wisnuwardhana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7608

Abstract

Peranan guru atau pendidik sebagai fasilitator sangatlah mutlak diperlukan dalam setiap proses belajar mengajar khususnya di tingkat Pendidikan Sekolah Dasar (SD). Para pendidik memerlukan berbagai macam bentuk strategi dalam meningkatkan pemahaman siswa akan numerasi, literasi dan teknologi. Ada beberapa metode yang dapat diterapkan sebagai upaya untuk memfasilitasi guru, siswa maupun orang tua akan pengetahuan terkait numerasi, literasi, dan teknologi khususnya ketika pandemi COVID 19 berlangsung. Pada tahun 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan  Teknologi (Mendikbudristek) meluncurkan beberapa jenis program terkait pendidikan dan pelayanan masyarakat, salah satunya adalah Program Kampus Mengajar II (KM). Kampus Mengajar merupakan suatu terobosan dalam dunia pendidikan yang berdampak pada pengangkatan kualitas sekolah-sekolah yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang salah satunya adalah SDN 84 Gresik. Tujuan utama dari penulisan artikel pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan ini adalah untuk menjabarkan kegiatan yang telah di implementasikan oleh mahasiswa bimbingan dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam mengembangkan pengetahuan akan numerasi,literasi dan teknologi bagi siswa, guru maupun orang tua wali murid di SDN 84 Gresik selama progam Kampus Mengajar II berlangsung. Pengambilan data dilakukan melalui proses teknik pencatatan selama observasi, tanya jawab, diskusi serta dokumentasi di setiap kegiatan selama kurang lebih dua puluh minggu. Dari program tersebut dapat disimpulkan jika kurangnya pengetahuan akan numerasi, literasi dan teknologi bagi siswa, guru, maupun orang tua/wali murid di SDN 84 Gresik memberikan dampak yang signifikan pada akreditasi sekolah. Sehingga diharapkan agar Kepala Diknas Pendidikan Dasar (Kadin Didkas) Kabupaten Gresik ikut berperan dan memberikan dukungan demi kemajuan SDN 84 Gresik.

References

Abdurrahman Fatoni. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bando. (2020). Indonesia Bisa Bangkit Melalui Literasi. https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2.

Damanik. (2021). Pengamat: Learning Loss terjadi di Indonesia jauh sebelum Pandemik. https://www.idntimes.com/news/indonesia/margith-juita-damanik/pengamat-learning-loss-terjadi-di-indonesia-jauh-sebelum-pandemik-(diakses tanggal 22 September 2022)

Fathoni. A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Geiger, V., Forgasz, H., & Goos, M. (2015). A critical orientation to numeracy across the curriculum. ZDM Mathematics Education, 47, 611-624

Gulo. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Han, Weilin, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Jumanta Hamdayama. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lindsay, S. (2011). Scientific literacy: A symbol of change. Dalam Loughran, K. Smith, & A. Berry (Eds.), Scientific literacy under the microscope: A whole school approach to science teaching and learning (pp.3-15). Rotterdam: Sense

Kemenristekdikbud. (2021). Apa itu Kampus Mengajar. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4418812047897-Apa-itu-Kampus-Mengajar- (diakses tanggal 22 September 2022)

Parapuan. (2021). PJJ Berlangsung siswa berpotensi alami learning loss. https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/31/204931471/pjj-berlangsung-10-bulan-siswa-berpotensi-alami-learning-loss-(diakses tanggal 22 September 2022)

Pasanea, M. R. H., Sujana, I. W., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Singarimbun Masri dan Efendi Sofran. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sudjana, N. (1989). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru.

Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset, Edisi Refisi.

Widhiarto, R. (2021). Kecakapan Literasi dan Numerasi Jadi Kompetensi Guru Abad ke 21. https://news.schoolmedia.id/berita/Kecakapan-Literasi-dan-Numerasi-Jadi-Kompetensi-Guru-Abad-ke-21-3373

Yarrow, N., Masood, E., & Afkar, R. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia. Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia, (August). https://doi.org/10.1596/34378

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Kristianti, T. (2022). STRATEGI PENGUATAN LITERASI, NUMERASI DAN TEKNOLOGI DI UPT SDN 84 GRESIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1597–1604. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7608