This is an outdated version published on 2022-10-14. Read the most recent version.

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI BIDANG TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER)

Authors

  • Merinda Lestandy Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lailis Syafaah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Amrul Faruq Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7543

Keywords:

Teknologi Informasi dan Komunikasi,Media Pembelajaran, Kompetensi

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dihindari. Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini sangat pesat. Untuk itu, masyarakat dituntut untuk melakukan suatu perubahan di setiap kegiatannya. Terutama bagi para guru diharapkan dapat mengikuti perubahan tersebut dalam meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Hal ini mendorong era baru peradaban manusia dari era industri ke era informasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada TK ABA 16 Malang kami melihat masih ada guru yang beranggapan tidak menggunakan komputer dan IT (Teknologi Informasi) dalam proses pembelajaran bukan hal mengganggu jalannnya pelajaran karena guru merasa tidak mendapatkan fasilitas komputer saat mengajar, jadi inilah yang membuat guru merasa tidak perlu untuk tahu cara menggunakan komputer. Jika dilihat dari kenyataannya ini terjadi pada guru-guru yang sudah berusia tua, walaupun yang guru junior pun masih ada yang gagap pada kemajuan IT. Dari permasalahan tersebut, maka perlu diadakan kegiatan pelatihan dan pemahaman bagi guru untuk mengoptimalkan fasilitas TIK yang ada untuk menunjang keefektifan pembelajaran dan kompetensi guru. Setelah pelaksanaan pelatihan, tim pengusul akan memonitoring dan mengevaluasi pemahaman guru-guru tentang TIK yang ditentukan dengan standar keberhasilan pemahaman yaitu pencapaian skor harapan senilai 7 dari jumlah skor hasil observasi. Dari skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa guru sudah meningkat kompetensinya atau belum setelah mengikuti pelatihan IT mengenai penggunaan TIK sebagai media mengajar. Pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan mengamati peningkatan kompetensi guru setelah satu minggu mengajar menggunakan IT melalui lembar observasi.

References

Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailia, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Conference Series Journal, 01(01), 1–6.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. © 2018-Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

Pajar, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Universitas, F., Volume, R., Cetak, I., & Online, I. (2018). Upaya_Peningkatan_Kemampuan_Guru_Dalam_Penggunaan_. 2, 415–418.

Syafrudin, Musahrain, Noviati, W., Safitri, A., & Suhendra, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Di Bidang TIK Bagi Guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 228–232.

Downloads

Published

2022-10-14

Versions

How to Cite

Lestandy, M. ., Syafaah, L. ., & Faruq, A. . (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI BIDANG TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1338–1344. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7543