UPAYA PELATIHAN HOSPITALITY BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PROVINSI RIAU

Authors

  • Harapan Tua R.F.S Universitas Riau
  • Dohan Suhada Universitas Riau
  • Viola Meyna Universitas Riau
  • Romauli Panggabean Universitas Riau
  • Husnul Paridah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52493

Keywords:

BPSDM, Pelatihan, Hospitality, Pelayanan Publik, Aparatur Sipil Negara.

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan tuntutan utama dalam mewujudkan birokrasi yang profesional dan berintegritas. Namun, masih ditemui aparatur yang belum menerapkan nilai-nilai pelayanan prima dalam praktik kerja sehari-hari. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pelatihan hospitality. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan laporan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menggambarkan pelaksanaan pelatihan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan hospitality tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis, tetapi juga membentuk sikap ramah, empatik, dan komunikatif aparatur sehingga tercipta budaya pelayanan yang humanis. Pelatihan hospitality yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Riau menjadi langkah strategis dalam memperkuat budaya pelayanan prima dan meningkatkan citra positif birokrasi di mata masyarakat.

References

Susanti, T. (2024). Analisis Peran Pelatihan Hospitality Behaviour dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan Hotel. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(1), 1-15

Pramesti, S., & Wibowo, S. (2022). Pengaruh Pengembangan Soft Skills Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1), 45-56.

Ombudsman Republik Indonesia. (2024, Desember 17). Riau Raih Predikat Zona Hijau dalam Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik 2024.

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau. (2023). Laporan Tahunan Hasil Pengawasan dan Analisis Pengaduan Pelayanan Publik di Provinsi Riau Tahun 2023

Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 68. Jakarta: Sekretariat Negara.

Elhaitammy, T. (1990). Service Excellence: Ujung Tombak Bank Marketing. Bank dan Marketing Management, November–Desember, 39.

BPSDM Provinsi Riau. (2024, September 25). Pelatihan hospitality dan cyber security di lingkungan pemerintah provinsi riau untuk tingkatkan kualitas pelayananan asn

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau. (2024). Kajian Kebutuhan Pelatihan Berbasis Soft Skill (Hospitality) Bagi ASN Pelayan Publik.

Downloads

Published

2025-11-11

How to Cite

R.F.S, H. T., Suhada, D., Meyna, V., Panggabean, R., & Paridah, H. (2025). UPAYA PELATIHAN HOSPITALITY BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PROVINSI RIAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5884–5889. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.52493

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.