PENERAPAN DIGITALISASI KRITIK DAN SARAN DALAM UPAYA PENGUATAN KOMUNIKASI DAN PELAYANAN DI KANTOR LURAH BENCAH LESUNG

Authors

  • Masrul Ikhsan Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Muhammad Kevin Mahashura Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Frizi Ripaldi Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Elva Sari Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Nadienda Putri Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Rahmalia Putri Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Inri Simanullang Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Windi Sudita Putri Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Didhan Okdeyandi Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Nabilla Hayati Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Reva Khairunnisa Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Vedro Hariansyah Putra Universitas Riau Kampus Bina Widya
  • Dini Tia Anggriani Universitas Riau Kampus Bina Widya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49689

Keywords:

Digitalisasi, Pelayanan Publik, Partisipasi Masyarakat, Otonomi Daerah, Teknologi Digital.

Abstract

Kecamatan Tenayan Raya yang terletak di Kota Pekanbaru terdiri dari sepuluh kelurahan, salah satunya ialah Kelurahan Bencah Lesung. Di tengah perubahan pemerintahan yang cepat, penggunaan teknologi digital dalam layanan publik menjadi kebutuhan penting untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, serta partisipasi warga. Pemerintah kelurahan, yang berfungsi sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan, memiliki wewenang dalam menentukan arah pembangunan sesuai dengan tujuan otonomi daerah. Namun, terdapat masih adanya kekurangan pemahaman mengenai pentingnya saluran komunikasi yang baik untuk menampung masukan serta kritik masyarakat, yang pada akhirnya berdampak pada ketidakefisienan layanan publik. Inovasi dalam digitalisasi masukan dan kritik muncul sebagai suatu solusi untuk mengembalikan nilai partisipasi dan meningkatkan respons pemerintah kelurahan. Program ini dirancang agar teknologi digital dapat diintegrasikan secara terstruktur, sehingga mampu menghasilkan perangkat kelurahan yang lebih terampil, adaptif, dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

References

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2022). Panduan penerapan pelayanan publik digital. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Muslim, N. N. I., & Nasution, I. (2014). Kinerja aparat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan di Desa Pantai Labu. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(2). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Nur, M., Zain, A., Herdiana, D., & Riau, D. P. (2024). Analysis of the public services quality at the Rinding.

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(1), 91–95. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5939/http

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Ikhsan, M., Mahashura, M. K., Ripaldi, F., Sari, E., Putri, N., Putri, R., … Anggriani, D. T. (2025). PENERAPAN DIGITALISASI KRITIK DAN SARAN DALAM UPAYA PENGUATAN KOMUNIKASI DAN PELAYANAN DI KANTOR LURAH BENCAH LESUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5235–5240. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49689

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.