SOSIALISASI PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEPLEARNING) BAGI MAHASISWA PAI IBN TEGAL MELALUI PROGRAM VISITING LECTURER
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49510Keywords:
Deep Learning, Sosialisasi, Mahasiswa PAIAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseptual mengenai pembelajaran mendalam (deep learning) kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Bakti Negara (IBN) Tegal melalui skema Visiting Lecturer. Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dengan melibatkan 50 mahasiswa sebagai peserta aktif. Alur kegiatan meliputi: (1) persiapan, (2) pelaksanaan sosialisasi (3) evaluasi dan (4) tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (lebih dari 70%) menilai program ini sangat bermanfaat, memahami konsep yang disampaikan, serta termotivasi untuk mengembangkan keterampilan digital berbasis deep learning dalam bidang PAI. Evaluasi kuesioner memperkuat temuan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan konseptual, tetapi juga mampu menumbuhkan motivasi belajar dan literasi teknologi di kalangan mahasiswa. Program sosialisasi ini dapat disimpulkan berhasil mencapai tujuannya, yaitu memperkenalkan deep learning sebagai pendekatan pembelajaran modern yang relevan dengan pengembangan keilmuan Islam. Keberhasilan ini menjadi dasar untuk mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengimplementasikan deep learning dalam kegiatan akademik dan riset.References
Amin, M. A., Pratama, A., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2025). Education Achievment: Journal of Science and Research. Education Achievment: Journal of Science and Research, 6(2), 737–748. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jsr.v6i2.2754
Azzahra, N. T. (2025). Teori Konstruktivisme Dalam Dunia Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(2), 64–75. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.4762
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Train-the-Trainers: Implementing Outcomes- based Teaching and Learning in Malaysian Higher Education. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 8, 1–19. https://eric.ed.gov/?id=EJ1273059
Fred D. Davis. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/249008
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2012). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. In Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781118269558
Hidayat, M. A., Agustin, D. T., Hana, N., Ramadhani, R., & Ayu, D. (2025). Keunggulan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 251–264. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.30525
Hodges, C. B., & Fowler, D. J. (2020). The COVID-19 Crisis and Faculty Members in Higher Education : From Emergency Remote Teaching to Better Teaching through Reflection. International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education, 5(1), 118–122. https://eric.ed.gov/?id=EJ1273059
Istiqomah, & Azzahra, N. A. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas. BESTARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 19–26. https://doi.org/10.11791/bestari.v99i1.paperID
Jubaeli, A., & Dkk. (2025). Metode Pengajaran Modern Di Era Digital Buku. Cendikia Mulia Mandiri.
Latif, M. A., Rachmawati, Y. D., Pendidikan, P., Pendidikan, G., Usia, A., Madura, U. T., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., & Karawang, U. S. (2022). Merdeka Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kognitif Anak : Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 61–68.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Mustaghfirin, U. A., & Zaman, B. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 75–85. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v5i1.476 ABSTRAK
Piaget, J. (1976). The Child and Reality: Problems of Genetic Psychology.
Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1), 22–33. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.806
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nida'ul Munafiah, M. Alim Kahfi, Misbachol Munir, Alya Harum Sabeela, Nurul Aulia Prasetyaning. T

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










