PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN PEREDARAN DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA-SISWI SMA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49474Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Pencegahan Narkoba, Siswa SMA, Sidenreng RappangAbstract
Penyalahgunaan narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda di Indonesia, termasuk di Kabupaten Sidenreng Rappang, yang dapat merusak kesehatan fisik, mental, serta masa depan pelajar. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa-siswi SMA terkait bahaya narkoba serta membekali mereka dengan keterampilan pencegahan melalui pendidikan kesehatan. Kegiatan dilakukan pada tiga SMA dengan total 150 peserta, menggunakan metode penyuluhan interaktif, diskusi kelompok, simulasi, serta pembentukan kader anti-narkoba. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test serta umpan balik dari peserta dan pihak sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang narkoba dari 40% pada pre-test menjadi 80% pada post-test. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti simulasi penolakan ajakan narkoba, dan pihak sekolah berkomitmen melanjutkan program dengan mengaktifkan kader anti-narkoba. Program ini membuktikan bahwa pendidikan kesehatan yang dirancang secara sistematis dan melibatkan siswa secara aktif dapat menjadi strategi efektif dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah.References
Badan Narkotika Nasional. (2023). Laporan Tahunan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar. Jakarta: BNN RI.
Departemen Kesehatan RI. (2022). Pedoman Nasional Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Depkes RI.
Gunawan, I., & Prasetyo, A. (2021). Efektivitas program pendidikan anti narkoba di sekolah menengah. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17(2), 102–110.
Hamid, A. Y., & Yuliastuti, R. (2020). Peran guru dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 55–63.
Hariyanti, D., & Nugroho, A. (2022). Strategi komunikasi kesehatan dalam pencegahan narkoba pada remaja. Jurnal Promkes, 10(2), 85–94.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Strategi Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar). Jakarta: Kemendikbud RI.
Marlina, S., & Kurniawan, D. (2021). Pendidikan kesehatan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(1), 33–40.
Mustarin, Y., Pannyiwi, R., Latif, S. A., Samila, S., & Sallo, A. K. M. (2025). Behavioral Relationship Life Clean And Healthy On Knowledge Of Hygiene Personal Students Of State Elementary School Of Gowa District, South Sulawesi. International Journal of Health Sciences, 3(1), 87–94. https://doi.org/10.59585/ijhs.v3i1.596
Mustika, R. (2021). Hubungan pengetahuan dan sikap siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(3), 144–150.
Naim, H., Mahendika, D., Afifah Harahap, N., Prabu Aji, S., Batubara, A., Yunita, L., & Pannyiwi, R. (2023). The Relationship between Maternal Knowledge of Complementary Foods with the Nutritional Status of Toddlers. International Journal of Health Sciences, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.59585/ijhs.v1i1.47
Nurhidayah, L., & Salmawati, E. (2021). Pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis sekolah: Tinjauan literatur. Jurnal Kesmas Indonesia, 13(2), 77–85.
Nursiah, A., Treasa, A. D., Fitri, L., Srifitayani, N. R., Subani, N. D., & Yermi, Y. (2025). Analisis Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Terhadap Perbaikan Status Gizi Ibu Hamil di Daerah Rawan Stunting. Barongko: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(3), 890–898. https://doi.org/10.59585/bajik.v3i3.734
Pranata, B., & Susanto, H. (2020). Peran keluarga dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 8(3), 190–198.
Purnamasari, A., Saragih, H., Pannyiwi, R., Puspitarini, N. A., Makualaina, F. N., & Sipahutar, P. (2024). Empowering Students in Improving Knowledge of Healthy Toothbrushing Techniques in The Use of The Tongue Scraper. International Journal of Health Sciences, 2(2), 687–695. https://doi.org/10.59585/ijhs.v2i2.362
Rosdiana, R., Saide, R., Pannyiwi, R., Malaha, N., & M, S. (2023). Penyuluhan Kesehatan Tentang Pentingnya Imunisasi Di Puskesmas Antang Kota Makassar. Sahabat Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.59585/sosisabdimas.v2i1.254
Sari, M. P., & Widodo, Y. (2022). Efektivitas kader anti narkoba dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Jurnal Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, 4(2), 61–70.
Siska, S., Nurhaedah, N., Ekawati, N., Hariati, A., & Aotari, W. (2023). Asuhan Kebidanan Antenatal Pada Ny “S” Dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat I di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Makassar. JIMAD : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 55–58. https://doi.org/10.59585/jimad.v1i1.159
Supriyadi, S., & Lestari, T. (2021). Model peer educator dalam upaya pencegahan narkoba di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 88–95.
Susanto, H., & Ramadhan, M. (2020). Faktor-faktor penyalahgunaan narkoba pada remaja di Indonesia. Jurnal Kriminologi Indonesia, 16(1), 45–53.
WHO. (2022). Preventing Substance Abuse in Schools: Guidelines for Educators. Geneva: World Health Organization.
Yuliana, E., & Safitri, A. (2023). Pendidikan kesehatan partisipatif sebagai strategi pencegahan narkoba pada remaja. Jurnal Promosi Kesehatan, 12(2), 115–123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmat Pannyiwi, Siska Christianingsih, Risyda Zakiyah Hanim, Yermi Yermi, Rosdiana Rosdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










