PENDAMPINGAN BELAJAR IQRA’ DENGAN PENDEKATAN BERTAHAP DAN INDIVIDUAL BAGI ANAK-ANAK DI DESA BUDAYA LINGGA

Authors

  • Nurdiana Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Salsabila Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Marisha Rahmani Tanjung )Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Romaito Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Amalia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Evi Bunga Lestari Boru Hite Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49216

Keywords:

Iqra’, Huruf Hijaiyah, Makhraj, Pendampingan Belajar, Pembelajaran Individual

Abstract

Kegiatan pendampingan belajar Iqra’ ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca huruf hijaiyah anak-anak di Desa Budaya Lingga. Tim pengabdian menerapkan pendekatan individual, dengan setiap anggota membimbing 3–4 anak melalui identifikasi kemampuan awal, latihan pelafalan (makhraj), pengulangan (tikrar), dan pengenalan tajwid dasar. Kegiatan selama 8 hari (4–11 Juli 2025) menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca, khususnya dalam ketepatan makhraj dan panjang-pendek bacaan. Hasil ini membuktikan efektivitas pembelajaran bertahap dan berbasis kebutuhan individu.

References

Ahfad, G. R., Iqro, M., & Hijaiyah, H. (2025). Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam Penerapan Teori Pembelajaran Iqro ’ dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah kepada Anak-Anak di Nashr al-Islam : Jurnal Kajian Literatur Islam. 07(2), 30–44.

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57.

Chotimah, S., & Andari, A. A. (2025). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Menurut Al Qur’an terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini di Tk Islam Al Ittifaqiah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel. UNISAN JURNAL, 4(1), 890–899.

Darmansyah, D., & Pd, M. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitrianingrum, S. S., & Aminingsih, E. F. (2024). Analisis Kesalahan Pengucapan dalam Membaca Huruf Hijaiyah: Kajian Fonologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–7.

Ilmiyah, L., Khotimah, H., Aryani, N. R., & Ps, A. M. B. K. (2021). Problematika Pembelajaran PAI Di Daerah Terpencil: Studi Atas Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 31–40.

Majdi, U. Y. E. (2007). Quranic Quotient. QultumMedia.

Masyithoh, S., & Aziz, M. A. (2023). Problematika Pelafalan Huruf Hijaiyah pada Usia Dewasa (Perspektif Ilmu Ashwat). Alif: Arabic Language in Focus, 1(1).

Nursa’adah, F. P. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Palupi, A. T., Sismulyasih, N., Wasilah, Z., & Farikah, F. N. (2023). Metode dan Media Inovatif Jadikan Siswa Luar Biasa Terampil dalam Berbahasa. Cahya Ghani Recovery.

Widiarti, N., Bastiana, B., & Syamsuddin, S. (2024). The Ability to Memorize Short Surahs Using the One Day One Verse (ODOA) Method in First Grade Blind Students at Special Schools. Pinisi Journal of Education, 4(6), 281–288.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Siregar, N., Putri, N. S., Tanjung, M. R., Siregar, R., Nasution, N. A., & Hite, E. B. L. B. (2025). PENDAMPINGAN BELAJAR IQRA’ DENGAN PENDEKATAN BERTAHAP DAN INDIVIDUAL BAGI ANAK-ANAK DI DESA BUDAYA LINGGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5282–5288. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49216

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.