PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KEL. PENDRIKAN LOR KEC. SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG

Authors

  • DC Kuswardani Universitas Semarang
  • Guruh Mulia Widayat Universitas Semarang
  • Lusa Mara Universitas Semarang
  • Ani Setyowati Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49207

Keywords:

Digital Marketing, UKM, Media Sosial

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Mmasyarakat bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kelurahan Pendrikan Lor dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan penjualan produk. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan UKM untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital guna memperluas pasar dan meningkatkan omzet. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, meliputi: Dialog tentang pentingnya beralih dari metode pemasaran konvensional ke metode pemasaran digital marketing Dialog yang terkait dengan pemahaman menggunakan digital marketing Diskusi dan tanya jawab berkaitan pentingnya menggunakan media social secara efektif Hasil dari kegiatan ini mampu menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran, bertambahnya jumlah akun bisnis yang aktif, serta mulai diterapkannya teknik promosi digital sederhana dalam kegiatan usaha sehari-hari. Melalui program ini, UKM di Pendrikan Lor dapat lebih kompetitif dan mampu menghadapi tantangan di era digital dengan lebih percaya diri.

References

Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016.

Faturachman, F., & Krisnadi, I. (n.d.). Youtube Adversiting Sebagai Salah Satu Strategi Digital Marketing Di Era Marketing 4.0.

Hendrawan, I. G. Y., Puspitawati, N. M. D., (2021). Pemanfaatan Video Reportase Berbentuk Konten Media Sosial Untuk Meningkatkan Awareness Konsumen Umkm 25–34.

https://ejournal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/view/3196%0Ahttps://ejournal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/download/3196/2501.

Kuspriyono, T. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk di Di YouTube Melalui Subscriber Tertinggi dan Kualitas Tayangan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Cakrawala, Jurnal Humaniora, 19(2), 165–172.

https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5453.

Larasati, P. K. P., Kartika, K. D., Rahayu, A. S., Khairunisa, P., & Julianto, I. N. L. (2021). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. In SANDI : Seminar Nasional Desain (Vol. 1).

http://eproceeding.isidps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/102.

Ramadhayanti, A. N. A. (2019). Strategi Pemasaran di YouTube Melalui Subscriber & Komentar dan Perspektif Persuader Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 9–21.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Kuswardani, D., Widayat, G. M., Mara, L., & Setyowati, A. (2025). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KEL. PENDRIKAN LOR KEC. SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5250–5254. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49207

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.