PELATIHAN DAN PEMANFAATAN GOOGLE WORKSPACE UNTUK EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN

Authors

  • Puteri Fajar Addini STMIK Pelita Nusantara
  • Ika Swantika STMIK Pelita Nusantara
  • Kristin Lourensi Sitompul STMIK Pelita Nusantara
  • Angel Nurfadilah STMIK Pelita Nusantara
  • Sri Atika Sitinjak STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49097

Keywords:

Pelatihan, Google Workspace, Administrasi Sekolah, Efisiensi Kerja, SMK

Abstract

Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak, khususnya dalam pengelolaan administrasi sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai institusi pendidikan vokasional dituntut untuk memiliki sistem administrasi yang efisien dan terintegrasi guna mendukung proses pembelajaran dan manajemen sekolah secara keseluruhan. Google Workspace merupakan salah satu solusi teknologi berbasis cloud yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja melalui fitur kolaborasi, penyimpanan, dan pengelolaan dokumen secara real-time.Penelitian atau kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan serta mengimplementasikan pemanfaatan Google Workspace bagi tenaga administrasi dan pendidik di lingkungan SMK. Metode yang digunakan meliputi pelatihan langsung, pendampingan teknis, dan evaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Google Workspace dalam aktivitas administratif. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan kompetensi digital peserta, percepatan proses administrasi, serta terciptanya kolaborasi yang lebih baik antar unit kerja. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan SMK mampu mengintegrasikan teknologi dalam sistem administrasinya, sehingga tercipta budaya kerja yang lebih modern, efisien, dan responsif terhadap perkembangan zaman. Pemanfaatan Google Workspace menjadi langkah konkret dalam mendukung transformasi digital pendidikan, khususnya pada level satuan pendidikan kejuruan.

References

D. Novi$ta and A. R. Hutasuhut, “Plus Mi$nus Pe$nggunaan Apli$kasi$-Apli$kasi$ Pe$mbe$lajaran

Dari$ng Se$lama Pande$mi$ Covi$d-19,” Uni$me$d Me$dan, no. June$, 2020.

Y. N. DS, H. Harmawati$, and R. Maulana, “Anali$si$s Pe$manfaatan Te$knologi$ I$nformasi$ dalam

Pe$mbe$lajaran Dari$ng pada Masa Pande$mi$ Covi$d-19 di$ Se$kolah Dasar,” J. Basi$ce$du, vol. 6, no. 1, 2022, doi$: 10.31004/basi$ce$du.v6i$1.2022.

S. U. Aslammi$yah, S., & Harsono, “Smartphone$ Se$bagai$ Me$di$a Pe$mbe$lajaran Si$swa Se$kolah

Dasar De$sa Tloboe$,” 2021.

D. . Maulana, “Pe$lati$han Pe$manfaatan Google$ Apps for E$ducati$on Bagi$ Guru - Guru di$ MGMP Mate$mati$ka SMA Kabupate$n dan Kota Ke$di$r,” SE$LAPARANG, vol. 4, no. 1, pp. 1390–1396, Nov. 2018.

Malali$na & Ye$ni$ and R.F, “Pe$lati$han Google$ Classroom untuk Me$ngopti$mali$sasi$ Prose$s Pe$mbe$lajaran di$ FKI$P Uni$ve$ri$stas Tamansi$swa Pale$mbang.,” ce$me$rlang, vol. 1, no. 1, pp. 58–70, 2018

S. Rahmawati$, M. R. E$ffe$ndi$, and D. Wulandari$, “Pe$nge$mbangan Me$di$a Pe$mbe$lajaran Be$rbasi$s Google$ Workspace$ De$ngan Opti$mali$sasi$ Akun Be$lajar. i$d,” Pae$dagogi$e$: Jurnal Pe$ndi$di$kan dan studi$ I$slam, vol. 3, no. 01, pp. 1–24, 2022.

T. M. Palupi$ and E$. Tame$la, “Pe$lati$han Google$ Workspace$ For E$ducati$on Me$lalui$ Pe$mbe$lajaran Be$rbasi$s Proye$k Bagi$ Guru SMP,” Panri$ta Abdi$-Jurnal Pe$ngabdi$an pada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 492–503, 2022.

M. Mursi$di$n e$t al., “Pe$nguatan Li$te$rasi$ Di$gi$tal Guru Me$lalui$ Pe$lati$han Pe$manfaatan Google$ Classroom,” Communi$ty De$ve$lopme$nt Journal: Jurnal Pe$ngabdi$an Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 3165–3170, 2023.

A. Wulandari$, “Pe$ni$ngkatan Ke$mampuan Me$laksanakan Pe$mbe$lajaran Dari$ng me$lalui$ Workshop Google$ Workspace$ pada Guru Madrasah Ali$yah Kab. Bojone$goro,” Progre$ssi$ve$ of Cogni$ti$ve$ and Abi$li$ty, vol. 2, no. 2, pp. 48–56, 2023

R. Tanjung, “Pe$ni$ngkatan Kompe$te$nsi$ Guru me$lalui$ Pe$manfaatan Google$ Workspace$ for E$ducati$on di$ SMPN 4 Tanah Me$rah,” I$nstructi$onal De$ve$lopme$nt Journal, vol. 6, no. 1, pp. 53–60, 2023.

P. B. Donuata, “E$fe$kti$vi$tas pe$mbe$ri$an pre$ te$st dan post te$st dalam me$ni$ngkatkan pre$stasi$ be$lajar Fi$si$ka si$swa,” Che$mur, vol. 2, no. 1, 2019.

A. K. Banuwa and A. N. Susanti$, “E$valuasi$ skor pre$-te$st dan post-te$st pe$se$rta pe$lati$han te$kni$s ne$w SI$GA di$ pe$rwaki$lan BKKBN provi$nsi$

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Addini, P. F., Swantika, I., Sitompul, K. L., Nurfadilah, A., & Sitinjak, S. A. (2025). PELATIHAN DAN PEMANFAATAN GOOGLE WORKSPACE UNTUK EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 4969–4972. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49097

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.