PENYULUHAN ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENDAMPINGAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA DI DESA SEMANGAT DALAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49094Keywords:
Pendampingan Belajar, Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Dasar, Kolaborasi Sekolah-KeluargaAbstract
Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian akademik dan perkembangan psikososial siswa. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua masih memposisikan sekolah sebagai satu-satunya institusi pendidikan formal, sehingga partisipasi aktif dalam mendampingi anak belajar di rumah cenderung rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas orang tua dalam mendampingi proses belajar anak melalui penyuluhan yang dilaksanakan secara partisipatif di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, edukasi kelompok kecil, diskusi reflektif, dan simulasi praktik pendampingan belajar yang melibatkan orang tua siswa SD setempat. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman orang tua terhadap strategi pendampingan belajar, peningkatan keterlibatan dalam komunikasi dengan anak, serta perubahan sikap terhadap pentingnya kolaborasi antara keluarga dan sekolah. Partisipasi aktif masyarakat dan pendekatan komunikatif terbukti efektif dalam membangun kesadaran kolektif dan komitmen jangka panjang terhadap pendidikan anak. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model replikasi untuk penguatan ekosistem pendidikan berbasis keluarga dan komunitas di wilayah lain.References
Bronfenbrenner, U. (2005). Making Human Beings Human: Bioecological Perspectives on Human Development. SAGE Publications.
Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494113
Goodall, J., & Montgomery, C. (2019). Parental involvement to parental engagement: A continuum. Educational Review, 71(2), 139–158. https://doi.org/10.1080/00131911.2017.1286943
Grolnick, W. S., & Pomerantz, E. M. (2020). Parental involvement in children’s schooling: A multidimensional conceptualization and motivational model. Parenting: Science and Practice, 20(1), 52–75. https://doi.org/10.1080/15295192.2020.1716280
Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2020). A new wave of evidence: The impact of school, family, and community connections on student achievement. National Center for Family & Community Connections with Schools.
Hornby, G., & Blackwell, I. (2018). Barriers to parental involvement in education: An update. Educational Review, 70(1), 109–119. https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1388612
Jeynes, W. H. (2019). A meta-analysis: The relationship between parental involvement and student academic achievement. Urban Education, 54(1), 3–40. https://doi.org/10.1177/0042085917747090
Kraft, M. A., & Dougherty, S. M. (2019). The Effect of Teacher–Family Communication on Student Engagement: Evidence from a Randomized Field Experiment. Journal of Research on Educational Effectiveness, 13(3), 298–321. https://doi.org/10.1080/19345747.2019.1675399
OECD. (2020). Education Responses to COVID-19: Embracing Digital Learning and Online Collaboration. https://www.oecd.org/education/
Sanders, M. G., & Sheldon, S. B. (2019). Principles of Effective Family and Community Engagement in Education. Harvard Education Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wang, M. T., & Sheikh-Khalil, S. (2014). Does parental involvement matter for student achievement and mental health in high school? Child Development, 85(2), 610–625. https://doi.org/10.1111/cdev.12153
Wilder, S. (2014). Effects of parental involvement on academic achievement: A meta-synthesis. Educational Review, 66(3), 377–397. https://doi.org/10.1080/00131911.2013.780009
World Bank. (2021). World development report 2021: Data for better lives. https://www.worldbank.org/en/publication/wdr2021
World Health Organization. (2021). Mental health of children and adolescents during COVID-19 pandemic. https://www.who.int/news/item/09-03-2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husnul Madihah, Didi Susanto, Rico Rico

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










