DIGITALISASI SISTEM PROMOSI DALAM MANAJEMEN PRODUKSI DI PABRIK ESSENTIAL OIL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49090Keywords:
Manajemen Produksi; Digitalisasi; Minyak Atsiri; Pemasaran DigitalAbstract
Indonesia dikenal sebagai negara penghasil minyak atsiri dengan potensi ekspor tinggi, namun banyak industri kecil menengah masih menghadapi kendala dalam efisiensi produksi dan pemasaran akibat rendahnya pemanfaatan teknologi digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menerapkan digitalisasi sederhana dalam manajemen produksi dan pemasaran di PT Unggul Herbal Atsiri sebagai bentuk solusi atas minimnya integrasi teknologi. Keterbaruan kegiatan ini terletak pada penggunaan pendekatan partisipatif berbasis teknologi digital dengan biaya rendah dan mudah diakses oleh pelaku usaha kecil. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, perencanaan solusi, penerapan digitalisasi, dan evaluasi hasil bersama pihak perusahaan. Pihak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari pemilik usaha dan tenaga kerja di PT Unggul Herbal Atsiri. Prosedur kegiatan meliputi pembuatan konten pemasaran digital, penyusunan katalog produk, dan price list digital, serta pelatihan dasar penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Hasil utama yang dicapai antara lain peningkatan literasi digital staf, tersedianya konten digital siap pakai, dan penerapan sistem pemasaran yang lebih efisien dan sistematis. Hasil drai kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi yang sederhana dapat meningkatkan efektivitas dalam manajemen produksi dan memperluas jangkauan pasar, sejalan dengan teori keterlibatan masyarakat berbasis transformasi digital. Kesimpulannya, kegiatan ini memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan efisiensi usaha serta mendorong transformasi digital pada sektor industri herbal lokal. Rekomendasi dari hasil kegiatan ini adalah perlunya replikasi program berbasis pelibatan komunitas di sektor industri lainnya untuk mendorong adaptasi teknologi secara berkelanjutan.References
Choguill, M. B. G. (1996). A ladder of community participation for underdeveloped countries. Habitat International, 20(3), 431–444. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0197-3975(96)00020-3
Herlambang, T, Yudianto, F, Susanto, F.A., Rasyid, R.A., dan Sahri, M., 2024, “Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi dan Literasi Digital di Pondok Al Muin Syarif Hidayatullah”, Community Development Journal, Vol 5 No 4, DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32741
Herlambang, T., Hasina, S.N., Katias, P., Sahri, M., Ajizah, S., Riansyah, D.A.F., dan Macap, S.R., 2024, “Digitalisasi Sistem Manajemen Posyandu “BOCAHCARE” Sebagai Upaya Pemantauan dan Pencegahan Stunting di Desa Pongangan Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik”, Community Development Journal, Vol 5 No 4, DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33538
Katias, P., Herlambang, T., Yudianto, F., Anshori, M.Y., Adinugroho, A., Rasyid, R.A., Sari, M., 2024, “Sosialisasi Pembuatan Pemrograman Mobile Laporan Keuangan di PT Abisakti Surya Megakon”, Community Development Journal, Vol 5 No 4, DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33539
Mahmud. (2024). Industri Minyak Atsiri Di Jawa Timur. Sepuluh Nopember Institute of Technology, 1(February), 26–36. https://www.researchgate.net/publication/378213082
Parviainen, P., Tihinen, M., Kääriäinen, J., & Teppola, S. (2017). Tackling the digitalization challenge: How to benefit from digitalization in practice. International Journal of Information Systems and Project Management, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.12821/ijispm050104
Choguill, M. B. G. (1996). A ladder of community participation for underdeveloped countries. Habitat International, 20(3), 431–444. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0197-3975(96)00020-3
Mahmud. (2024). Industri Minyak Atsiri Di Jawa Timur. Sepuluh Nopember Institute of Technology, 1(February), 26–36. https://www.researchgate.net/publication/378213082
Parviainen, P., Tihinen, M., Kääriäinen, J., & Teppola, S. (2017). Tackling the digitalization challenge: How to benefit from digitalization in practice. International Journal of Information Systems and Project Management, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.12821/ijispm050104
Putra, C. A., Pasmawati, Y., Kusmindari, C. D., & Irwansyah, I. (2024). Peran Digitalisasi Marketing dan Manajemen Produksi Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kemplang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72–78. https://doi.org/10.59395/altifani.v4i1.520
Qamari, I. N., Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jati, L. J. (2021). Digitalisasi Bisnis Kelompok Umkm Di Desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 310–315. https://doi.org/10.18196/ppm.32.211
Romli, Z. (2024). Beyond Functionality: Building Value To Essential oils Products at Indonesia Digital Market Field. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, October. https://doi.org/10.17358/ijbe.10.3.629
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (pertama). Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Sinuhaji, Y. A. (2024). The Role of Digital Communication in Improving the Efficiency of Plantation Management. 7(2), 157–164
Susanto, F.A, Herlambang, T and Yudianto, F, 2022, “Digital Marketing Implementation in CV. Nurani Medika Lestari”, AIP Conf. Proc. 2679, 060019-1–060019-7; The First International Conference on Neuroscience and Learning Technology (ICONSATIN 2021)
Yudianto, F., Herlambang, T dan Anggoro, S.D., 2022, “Pelatihan Desain Pembuatan Website di PT Abisakti Surya Megakon”, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Yudianto, F, Herlambang, T, Adinugroho, M, Magfira, D.B, 2023., “Perancangan sistem informasi peminjaman ruangan pada PT. Multi Aneka Pangan Nusantara”, Journal of Community Engagement, Volume 4 Nomor 3, April 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadita Mutiara Putri, Niken Fatikhasari, Isye Fadiata Isqi, Rizaldi Al Farisi, Ahmad Syafiq Mughni, Puspandam Katias, Mohamad Yusak Anshori, Teguh Herlambang, Moch. Sahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










