PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL, KUALITAS PRODUK, KEMASAN, DAN DIGITALISASI PEMASARAN PADA UMKM FRIED CHICKEN ARZA

Authors

  • Nadia Amelia Elyana Poluan Universitas Negeri Medan
  • Andi Taufiq Umar Universitas Negeri Medan
  • Lucky Satria Pratama Universitas Negeri Medan
  • Marlina Deliana Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48789

Keywords:

Ekonomi Lokal, Kualitas Produk, Desain Kemasan, Pemasaran Digital

Abstract

Program ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan ekonomi lokal, kualitas produk, kemasan, dan digitalisasi pemasaran pada UMKM Fried Chicken Arza di Desa Bandar Khalipah. Masalah utama yang dihadapi UMKM ini adalah keterbatasan dalam memasarkan produk ke pasar yang lebih luas, kurangnya inovasi dalam kemasan, serta belum optimalnya pemanfaatan digitalisasi dalam pemasaran. Pemilihan topik ini penting karena UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian lokal, namun banyak yang menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan potensi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan analisis data untuk menggali informasi terkait kualitas produk, kemasan, dan pemasaran digital. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM Fried Chicken Arza memiliki kualitas produk yang baik, tetapi perlu adanya standarisasi dalam produksi dan desain kemasan yang lebih menarik serta ramah lingkungan. Setelah pemberian pelatihan kepada karyawan dan pemilik UMKM, usaha ini mampu membuat desain kemasan yang lebih menonjolkan identitas usaha, branding, dan daya tarik. Proses digitalisasi pemasaran juga telah dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce seperti shopeefood dan gofood untuk memperluas pasar UMKM. Pentingnya hasil kegiatan ini terletak peningkatan kualitas produk dan kemasan, serta optimalisasi digital marketing untuk memperluas pasar. Hasil tersebut dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan UMKM dan perekonomian lokal di Desa Bandar Khalipah, dengan menciptakan peluang usaha baru dan memperkuat daya saing usaha lokal

References

Achmad, W. (2023). MSMEs Empowerment through Digital Innovation: The Key to Success of E-Commerce in Indonesia. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(3), 469–475. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1742

Agistya Anugrah, R., Yudhanto, F., Wijaya, O., Studi Teknologi Mesin, P., Program Vokasi, F., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (n.d.). Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Di Desa Wates Kulon Progo.

Bahri, B., Sari, N. P., & Alamsyah, F. (2023). Pelatihan Desain Kemasan (Packaging) Dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Kapanewon Turi. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15–31. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.15-31

Baskora, R., Putra, A., Fadhlurrohman, A., Hikmatika, N. I., Safitri, A. D., & Mulyawati, I. (n.d.). Digitalisasi Potensi Desa Melalui Pelatihan Digital Marketing Dan Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Tarik UMKM Di Desa Beku. In Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) (Vol. 8, Issue 3).

Bobsaid, A. A., & Saputro, E. A. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Giripurno Melalui Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 57–61. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v8i2.14365

Erlyana, Y. (2020). The Effect of Packaging Design on the Improvement of MSME Brand Value Using the Pre-test and Post-tests Methods.

Lia, D. A. Z., & Fitri, R. (2021). Pengembangan Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan Serta Pemanfaatan Pemasaran Digital Sebagai Strategi Bertahan UMKM yang Terdaftar Pada PLUT K-UMKM Kota Batu. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), 35. https://doi.org/10.35799/vivabio.v3i3.36792

Purnaningrum, E., Rafikayati, A., & Dyatmika, S. W. (2022). Peningkatan Profitibilitas Wirausaha Disabilitas di Era Digital dengan Ketrampilan Desain Produk dan Pemasaran pada E-Commerce. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 32. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4006

Ratnasari, I., & Pasca Arnu, A. (2022). Pelatihan Desain Kemasan Dan Pemasaran Pada Produk-Produk Umkm Di Kabupaten Karawang. 6(1).

Yasser Abed, M., Maulidah, F., Ine Madina, N., Hidayatul Fitriyah, R., Fikri, A., Amalia Syafitri, N., Putri Denissa Soemarsono, R., Meilana, R., Insan Muttaqin, G., Zulfa Salsabila, N., & Setyo Budiwitjaksono, G. (2022). Pelatihan Kewirausahan Berbasis Digital Marketing Pada UMKM Di Kecamatan Lakarsantri: Praktik Kuliah Kerja Nyata. 1(4), 325–331. https://etdci.org/journal/patikala/

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Poluan, N. A. E., Umar, A. T., Pratama, L. S., & Deliana, M. (2025). PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL, KUALITAS PRODUK, KEMASAN, DAN DIGITALISASI PEMASARAN PADA UMKM FRIED CHICKEN ARZA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5213–5219. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48789