PELATIHAN PEMBUATAN SOAL MATEMATIKA MENGGUNAKAN EQUATION EDITOR PADA MICROSOFT WORD
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48338Keywords:
Pelatihan, Microsoft Word, Guru SDN 03 Lenteng AgungAbstract
Perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat membawa dampak sangat terasa di dunia pendidikan saat ini. Komputer merupakan salah satu teknologi pengajaran terpenting yang digunakan dalam pendidikan. Untuk mengembangkan bahan ajar ditingkat pendidikan Sekolah Dasar, guru diwajibkan menguasai program komputer yaitu program Microsoft Office. Program ini sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Guru bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word dalam program Microsoft Office sebagai alat bantu untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja siswa, membuat modul, soal-soal dan lembar kerja siswa. Untuk itu diperlukan keterampilan dalam mengoperasikan komputer. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan mengapa keterampilan menggunakan komputer harus dioptimalkan, salah satunya yaitu penggunaan komputer saat ini bukan lagi sebagai keharusan mendesak melainkan juga menjadi kebutuhan mutlak bagi semua orang.References
Chen, X., Li, B., Zhu, X., & Zhang, T. (2023). Improving Classroom Quality by Analyzing Student Behaviors Through Computer Vision. 2023 4th International Conference on Information Science and Education (ICISE-IE), 322–325. https://doi.org/10.1109/ICISE-IE60962.2023.10456445
Djibran, A. K. S., Subiyanto, P., Wakhudin, W., & Rahayu, N. S. (2024). Transforming Education in The Digital Age : How Technology Affects Teaching and Learning Methods. Journal of Pedagogi, 1(3), 141–155. https://doi.org/10.62872/ksq9jc13
Fatwa, I., Harjuna, H., Amaliah, R., Sutamrin, S., Khadijah, K., & Lihing, P. N. (2022). Pengenalan Equation Tools untuk Matriks, Limit Fungsi dan Eksponen UPT. SMAN 8 Takalar. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 252–257. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.245
Ge, K., & Seo, J. (2024). StereoMath: An Accessible and Musical Equation Editor. The 26th International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility, 1–5. https://doi.org/10.1145/3663548.3688487
Hanafi, I., Alijoyo, F. A., Amin, H., Sudarsono, B. G., & Damayanto, A. (2024). The Role of Technology in Transforming Classroom Instruction: An Analysis of Blended Learning Approaches. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 16(2), 855–866. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.5227
Kasim, J. F. M. (2024). A Review on Technological Innovations in Education. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(6). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i06.34022
Mdhlalose, D., & Mlambo, G. (2023). An Overview of the Effects of Technology on Education: Teaching and Learning. Education & Learning in Developing Nations, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.26480/eldn.02.2023.83.88
Soiffer, N. (2018). The Benetech Math Editor: An Inclusive Multistep Math Editor for Solving Problems (hlm. 565–572). https://doi.org/10.1007/978-3-319-94277-3_88
Stephens, G. (2016). Don’t Just Do the Math—Type It! The Mathematics Teacher, 109(6), 468–470. https://doi.org/10.5951/mathteacher.109.6.0468
Xu, Q. (2021). Discussion on the Methods of Improving Computer Teaching. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.025
Zheng, Y., Pan, Y., Zhang, Z., & Chen, Y. (2024). The Application of Artificial Intelligence Technology in Improving the Quality of Teaching and Learning in Computer Education. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns-2024-2395
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dona Katarina, Muslihatul Hidayah, Heriyati Heriyati, Andri Rahadyan, Indra Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










