DISKUSI DARING: PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI ERA DIGITAL

Authors

  • Yanti Novita UIN Imam Bonjol Padang
  • Ai Siti Nurmiati STAI Kharisma Sukabumi
  • Rina Hartuti IAIN Kerinci
  • Nur Annisyaa IAIN Kerinci
  • Hendri Mulyadi Universitas Rokania
  • Nurfitri Nurfitri STIA Nusantara Sakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48319

Keywords:

peran orang tua, pendidikan anak, era digital, diskusi daring, literasi digital

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam mendampingi pendidikan anak di era digital. Program ini dilaksanakan secara daring selama satu bulan (1–30 Juni 2025) melalui platform Zoom Cloud Meeting dan diikuti oleh 20 peserta dari masyarakat umum. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi lintas kampus yang melibatkan dosen dari UIN Imam Bonjol Padang, STAI Kharisma Sukabumi, IAIN Kerinci, Universitas Rokania Riau, dan STIA Nusantara Sakti. Metode yang digunakan adalah diskusi partisipatif dengan pendekatan reflektif. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai risiko dan peluang digital, keterampilan komunikasi dengan anak, dan kemampuan memfilter konten daring. Kegiatan ini terbukti efektif dalam memperkuat peran orang tua sebagai pendidik utama di rumah serta memperluas kesadaran literasi digital dalam keluarga.

References

Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: Westview Press.

Gee, J. P. (2012). The Anti-Education Era: Creating Smarter Students through Digital Learning. New York: Palgrave Macmillan.

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2008). Parental mediation of children’s internet use. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 52(4), 581–599. https://doi.org/10.1080/08838150802437396

Dzulkurnain, M. I., Cahyono, D., Marzani, M., Nasar, I., Kusayang, T., & Sari, M. N. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Menengah Dalam Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif: Kontribusi Perguruan Tinggi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3823-3830.

Hanifah, D. P., Wibowo, S., Wardani, K. D. K. A., Budiyono, A., Pratama, M. P., Sari, M. N., ... & Putri, R. A. R. (2023). Teori dan Prinsip Pengembangan Media Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Ilmi, A. R. M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782-789.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2024). The role of technology in implementing kurikulum merdeka: A review of current practices. Edu Research, 5(1), 171-183.

Norliani, N., Sari, M. N., Safarudin, M. S., Jaya, R., Baharuddin, B., & Nugraha, A. R. (2024). Transformasi digital dan dampaknya pada organisasi: Tinjauan terhadap implementasi teknologi informatika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10779-10787.

Pratama, E. Y., Tahalele, O., Cahyono, D., Franchisca, S., Rohani, T., & Sari, M. N. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Game Pada Pendidikan Tinggi: Meningkatkan Keterlibatan Dan Motivasi Mahasiswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1602-1607.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, N. (2023). The role of artificial intelligence (AI) in developing English language learner's communication skills. Journal on Education, 6(01), 750-757.

Silaban, R. A., Ilahi, A., Effendi, E., Sari, M. N., Putri, R. T. H., Syarifah, H., ... & Sinaga, D. (2024). Gaya Belajar Peserta Didik. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Tarukallo, Y., Hartono, W. J., Tondowala, I. B., Melyati, D., Dzulkurnain, M. I., & Sari, M. N. (2024). The Role of Technology in Enhancing English Speaking Skills A Literature Overview. Edu Research, 5(4), 278-292.

Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role of Gamification in English Language Teaching: A Literature. Journal on Education, 6(01), 2847-2856.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Novita, Y., Nurmiati, A. S., Hartuti, R., Annisyaa, N., Mulyadi, H., & Nurfitri, N. (2025). DISKUSI DARING: PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI ERA DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4858–4862. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48319

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.