PENGUATAN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MAHFUDZAT DI SDN 1 NGINDENG, PONOROGO

Authors

  • Khasib Amrullah Universitas Darussalam Gontor
  • Deki Ridho Adi Anggara Universitas Darussalam Gontor
  • Fakhru Ramdhan Alhatami Universitas Darussalam Gontor
  • Habib Al Hasyir Universitas Darussalam Gontor
  • Hadi Azhari Romadhon Universitas Darussalam Gontor
  • Hammad Fida Rahman Universitas Darussalam Gontor
  • Hasan Aulia Rahman Universitas Darussalam Gontor
  • Husni Annurani Marekhan Universitas Darussalam Gontor
  • Dzaky Pramudya Putra Galalo Universitas Darussalam Gontor
  • Fairus Yudha Alfaridzi Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47806

Keywords:

Karakter Islami, Mahfudzat, Sekolah Dasar, Pengabdian Masyarakat, Community-Based

Abstract

Penguatan karakter Islami pada anak usia sekolah dasar merupakan kebutuhan mendesak di tengah arus globalisasi dan degradasi moral yang melanda generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai Islami melalui pembelajaran Mahfudzat di SDN 1 Ngindeng, Ponorogo. Program dilaksanakan selama bulan Juni 2025 oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dengan pendekatan community-based yang melibatkan guru dan siswa secara aktif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test terhadap 20 siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam lima aspek karakter Islami: disiplin, tanggung jawab, jujur, sopan santun, dan motivasi belajar, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 20–23 poin. Selain itu, terjadi perubahan perilaku positif siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan nilai melalui Mahfudzat terbukti efektif sebagai sarana pendidikan karakter yang aplikatif dan dapat direplikasi di sekolah dasar lainnya.

References

Arifin, Z., & Hidayat, S. (2020). Urgensi Penguatan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.33210

Hasanah, L. (2021). Mahfudzat sebagai Media Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral Siswa. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 35–46. https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v14i1.9183

Munifah, N., & Zamroni, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Mahfudzat dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.24042/jppi.v6i1.10231

Muslich, M. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Relevansi dan Aktualisasi Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.24042/jpid.v5i2.8890

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Hafalan Mahfudzat terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Islam Anak, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.19105/jsdpi.v8i1.9942

Nugroho, H. W., & Fadillah, R. (2021). Participatory Action Research sebagai Model Penguatan Karakter Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.25077/jpmm.3.2.2021

Riyanto, Y., & Amalia, N. (2020). Strategi Analisis Tematik dalam Pengabdian Berbasis Nilai. Jurnal Abdimas Pendidikan, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.19105/jap.v5i1.9823

Suryani, R., Wulandari, D., & Maulida, I. (2023). Model Evaluasi Triangulatif dalam Program Literasi Nilai. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 60–68. https://doi.org/10.20885/jipkm.vol7.iss1.art7

Hafid, M. (2022). Media Visual dan Penguatan Nilai Islam melalui Mahfudzat. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 6(2), 112–122. https://doi.org/10.24042/jpid.v6i2.10433

Yusuf, A., & Hasyim, K. (2021). Revitalisasi Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Mahfudzat. Al-Afkar: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.31227/jafkar.v4i1.9382

Hasanah, L. (2021). Mahfudzat sebagai Media Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral Siswa. Tarbiyatuna, 14(1), 35–46. https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v14i1.9183

Munifah, N., & Zamroni, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Mahfudzat dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.24042/jppi.v6i1.10231

Muslich, M. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Relevansi dan Aktualisasi Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.24042/jpid.v5i2.8890

Riyanto, Y., & Amalia, N. (2020). Strategi Analisis Tematik dalam Pengabdian Berbasis Nilai. Jurnal Abdimas Pendidikan, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.19105/jap.v5i1.9823

Suryani, R., Wulandari, D., & Maulida, I. (2023). Model Evaluasi Triangulatif dalam Program Literasi Nilai. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 60–68. https://doi.org/10.20885/jipkm.vol7.iss1.art7

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Amrullah, K., Anggara, D. R. A., Alhatami, F. R., Hasyir, H. A., Romadhon, H. A., Rahman, H. F., … Alfaridzi, F. Y. (2025). PENGUATAN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MAHFUDZAT DI SDN 1 NGINDENG, PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5148–5152. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47806

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.