EDUKASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 LEMBANG JAYA, KABUPATEN SOLOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46433Keywords:
Teknologi, Gadget, Sosialisasi, Edukasi, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter siswa di SMP Negeri 1 Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan edukasi dan sosialisasi dilaksanakan pada 23 Januari 2025, melibatkan 40 siswa perwakilan kelas VII hingga IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memberikan dampak positif, seperti kemudahan akses informasi dan penunjang pembelajaran. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan juga berpotensi menimbulkan dampak negatif, di antaranya menurunnya kemampuan bersosialisasi, kedisiplinan, serta munculnya perilaku individualis dan kurang empati. Kegiatan sosialisasi membantu siswa memahami lebih baik manfaat dan risiko penggunaan gadget, serta betapa pentingnya orang tua dan sekolah mengawasi dan membatasi penggunaan gadget. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membantu siswa meningkatkan kesadaran untuk menggunakan gadget secara bijak dan membangun karakter yang positif di era teknologi saat ini.References
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68
Erdiana, F., Wulandari, N., Septiani, N. K., Hadi, N., Mirfaqo, A., Nur, K., & Muhammad, A. A. (2022). Sosialisasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak Tingkat Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2–4.
Islam Negeri Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M., Mavika Mulya, V., & Trisno, B. (2023). Pemanfaatan Media Infokus Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Smpn 2 Ampek Angkek. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 781–782.
Lilawati, R. A. (2022). Implementasi Reward dan Punishment dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di RA Dwi Savitri Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 177. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1230%0Ahttps://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/download/1230/739
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Syafria, M. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2020). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 2. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Waliid, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Di SMP Negeri 01 CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4307(3), 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Zurrahmi Suqra, Retna Pebrianti, Lathifa Azzahra W, M Habieb Pratama, Muhammad Iqbal, Aldri Frinaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










