PEMBINAAN MEMBACA DENGAN INTERACTIVE READING ALOUD DAN DIFERENSIASI UNTUK BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Wisman Hadi Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Lili Tansliova Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46376

Keywords:

Pendampingan, Membaca, Interactive Reading Aloud, Diferensiasi, Berpikir Kritis

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra selama ini adalah: (1) kurangnya keterampilan membaca siswa terutama keterampilan membaca kritis, (2) kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis terhadap informasi yang telah mereka peroleh, dan (3) sulitnya meningkatkan kemampuan literasi siswa karena keberagaman karakter belajar siswa. Adapun solusi yang ditawarkan sekaligus manfaat yang diperoleh mitra dari kegiatan ini adalah: (1) memperoleh pendampingan untuk memberikan pembinaan keterampilan membaca bagi siswa, (2) mendapatkan pendampingan praktik membaca melalui metode interactive reading aloud (IRA) dan strategi diferensiasi, dan (3) pendampingan praktik membaca untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pendampingan dan pembinaan keterampilan membaca melalui metode interactive reading aloud dan strategi diferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 8 Medan. Hasil dari kegiatan ini adalah kemampuan berpikir kritis dan keterampilan membaca siswa meningkat sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil belajar, kemampuan literasi siswa dan rapot pendidikan sekolah khususnya pada bidang literasi.

References

Amalia, F. N., & Nadya, N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2)

Durriyah, T. L., Niasari, C., & Afriyanti, I. (2024). Exploring Interactive Read Aloud Literacy Learning and Quality Books in the Merdeka Curriculum. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 13(2), 306-319.

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56 68.

Hasanah, E., Maryani, I., & Gestiardi, R. (2023). Model Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital di Sekolah. K-Media.

Istihari, I. (2024). Improving Primary Students' Reading Engagement and Critical Literacy through Interactive Read-Aloud. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 211-224.

Nissa, K., & Darmawan, P. (2025). Studi Literatur: Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3 (1), 101-106.

Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 7(2), 196-204.

Sari, M. W., Alfan, M., & Maulana, M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis LKPD Find The Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1172-1178.

Setiawan, A. (2023). Relevansi Keterampilan Membaca Kritis dengan Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran Abad 21. UMMPress.

Syajida, N., & Ahyadi, N. (2024). Strategi Pembelajaran yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD/MI. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 50-62.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Hadi, W., Hutagalung, T., Tansliova, L., Febriana, I., & Siregar, M. W. (2025). PEMBINAAN MEMBACA DENGAN INTERACTIVE READING ALOUD DAN DIFERENSIASI UNTUK BERPIKIR KRITIS SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4535–4540. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46376

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.