PENGINTEGRASIAN ECOLITERACY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA DI MEDAN

Authors

  • Meida Rabia Sihite Universitas Alwashliyah Medan
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Alwashliyah Medan
  • Widia Fransiska Universitas Alwashliyah Medan
  • Linda Astuti Rangkuti Universitas Alwashliyah Medan
  • Putra Thoip Nasution Universitas Alwashliyah Medan
  • Rizqina Fauziah Pohan Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46307

Keywords:

Kesadaran Ekologi, Berpikir Kritis, Eco-Literacy, PBL, Pelestarian Lingkungan

Abstract

Dampak masalah lingkungan yang semakin nyata mencerminkan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kesadaran ekologis di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta keterampilan berpikir kritis siswa dengan mengintegrasikan ecoliteracy (literasi ekologis) dan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Dalam kegiatan ini, siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan membuat poster dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari pembelajaran mereka. Integrasi ecoliteracy dalam pembelajaran bahasa Inggris diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan berbahasa tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Melalui pendekatan PBL, diharapkan siswa menjadi lebih sadar dan aktif dalam berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan di sekitar mereka.

References

Amelia, D. (2024). Global inquiry reveals PBL's impact on junior high ecoliteracy. Indonesian Journal of Education Methods Development, 19(2). https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i2.822

Azis, T. (2023). Pemanfaatan sampah plastik menjadi bantal kursi untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 127-136. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2455

Capra, F. (1997). The web of life: A new scientific understanding of living systems. Anchor.

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2017). Building ecoliteracy through Adiwiyata program (study at Adiwiyata school in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49(1), 51. https://doi.org/10.22146/ijg.11230

Ha, C. & Dong, S. (2023). Identifying the most ecoliterate inhabitants in a top-ten ecologically advanced city of China: A sociodemographic perspective. Sustainability, 15(4), 3054. https://doi.org/10.3390/su15043054

Landrum, N. (2021). The global goals: Bringing education for sustainable development into US business schools. International Journal of Sustainability in Higher Education, 22(6), 1336-1350. https://doi.org/10.1108/ijshe-10-2020-0395

Nanda, M. (2024). Analisis perilaku sanitasi lingkungan masyarakat Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. El-Mujtama Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 796-804. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.475

Nurhayati, S. & Andriani, A. (2021). Integrated Islamic curriculum development in thematic learning against the formation of students' critical attitude in Islamic elementary schools. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2021.2312670

Paryanti, S., Pursitasari, I., & Rubini, B. (2021). Ecoliteracy of junior high school students in science lesson on environmental pollution theme. Scientiae Educatia, 10(1), 12. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i1.8073

Rachman, I. & Matsumoto, T. (2023). Problem and project-based learning as an effective environmental education (EE) methods: A case of textbook development in Medan city schools. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, 7(1), 39-46. https://doi.org/10.23969/jcbeem.v7i1.7419

Sentosa, Z. (2024). The influence of the guided inquiry learning model on students' ecoliteracy attitudes on waste recycling materials. Jurnal Pijar Mipa, 19(1), 37-43. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i1.6261

Suharja, A. (2023). The contribution of student ecoliteracy to build environmental caring behavior in senior high school. Scaffolding Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 800-819. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3072

Syahputra, L. & Setiawati, T. (2022). Perancangan media kreatif iklan layanan masyarakat tentang sampah pada Sungai Deli wilayah Medan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(7), 829-839. https://doi.org/10.36418/jist.v3i7.458

Wahyuni, N., Maryani, E., & Kastolani, W. (2022). The contribution ecoliteracy in environmental care behavior students of state high school in the city of Medan. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 1089(1), 012058. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1089/1/012058

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Sihite, M. R., Zulkarnain, I., Fransiska, W., Rangkuti, L. A., Nasution, P. T., & Pohan, R. F. (2025). PENGINTEGRASIAN ECOLITERACY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA DI MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4596–4604. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46307

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.