EDUKASI PENCEGAHAN BULLIYING SISWA SD IP 03 STIUNG DUSUN BKN 1 NAGARI SUNGAI DUO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45737Keywords:
Wadah, Kehidupan Sehari-hariAbstract
Sekolah adalah wadah bagi siswa untuk dapat menuntut ilmu, membentuk karakter yang baik, dan menciptakan generasi emas penerus bangsa. Sekolah harus mampu menciptakan lingkungan dan ekosistem yang aman dan nyaman bagi siswa dalam menimba ilmu pengetahuan dan terhindar dari bullying. Bullying adalah tindakan yang menggunakan kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tidak berdaya. Kegiatan Kuliahi Kerjai Nyatai Uniiversitasi Negerii Padangi tahuni 2025 di Dusun BKN 1 Nagari Sungai Duo megusung program sosialiasasi dan edukasi pencegahan bullying pada tangggal 20 Januari 2025 di SD IP 03 Sitiung dengan peserta siswa kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 115 siswa. Dalam kegiatan ini dihasilkan penambahan wawasan dan pengetahuan siswa tentang pencegahan bullying melalui proses pemberian materi, pemutaran video pendek, dan diskusi interaktif dengan siswa. Kegiatan ini diterima cukup baik oleh siswa dan diharapkan dapat di tanamkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencipatakan kondisi sekolah yang nyaman dan aman dari bullyingReferences
Hartono, R. (2017).i Upaya Sekolahi Dalami Mengatasii Kenakalani Siswai dii SMPi Negeri 35 Bengkulu Utara Kabupaten Bengkulu Utara. An-Nizom 2(3), 529-537.
Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, ISSN: 13548506.
Mufrihah, A. (2016). Perundungani Reaktifi di Sekolahi Dasari dan Intervensii Berbasisi Nuansa Sekolah.i Jurnal Psikologi 43(2), 135-153.
Sari, E. P. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Banda Aceh.
Idea Nursing Journal, VIII(3).
Syardiansah. (2017). PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA ( Studi Kasus
Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ). Jim UPB 7(1), 57-68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwita Afrilia Sari, Junil Adri, Fitria Salsabilla, Muhammad Fahrul, Ilfa Trijulia, Azzurra Azhari, Anata Junimarc Pakpahan, Fitri Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










