TRANSFORMASI MANAJEMEN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS

Authors

  • Ade Ananto Terminanto UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Enny Haryanti STIE Indonesia Banking School
  • Trioksa Siahaan STIE Dharma Bumiputera
  • Arifannisa Arifannisa STKIP Kusuma Negara
  • Nor Khakim STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44504

Keywords:

Transformasi Manajemen, Pengabdian Masyarakat, Teknologi Informasi, Pembelajaran Berbasis Komunitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi manajemen program pengabdian masyarakat melalui integrasi teknologi informasi, serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berbasis komunitas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui tinjauan pustaka, penelitian ini mengumpulkan data dari artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 1984 hingga 2025, yang diambil dari sumber kredibel seperti Google Scholar dan website terakreditasi. Melalui analisis deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa teknologi informasi berperan penting dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan program, mempercepat komunikasi antar stakeholder, serta memfasilitasi pembelajaran berbasis pengalaman yang lebih interaktif dan partisipatif. Studi kasus yang relevan, seperti program Desa Digital di berbagai daerah dan penelitian terdahulu, menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam pengabdian masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan memperkuat kualitas program. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perguruan tinggi dan pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan program pengabdian masyarakat berbasis teknologi untuk menciptakan dampak sosial yang lebih luas dan berkelanjutan.

References

Abdillah, A., Widianingsih, I., Buchari, R. A., & Nurasa, H. (2024). The knowledge-creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. Learning: Research and Practice, 10(1), 121–123. https://doi.org/10.1080/23735082.2023.2272611

Adam, A., & Juliadarma, M. (2024). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (Ikrimah, Ed.; 1st ed.). Akademia Pustaka.

Ansyah, A. B., Wahid, M., & Hartati, H. (2021). Pendampingan pengembangan desa digital melalui komunitas pemuda di Desa Pematang Jering, Kabupaten Muaro Jambi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.913

Arsyad, A. A. J., Lilik Sulistyo, Winanjar Rahayu, & Endang Fatmawati. (2023). Upaya peningkatan literasi digital masyarakat melalui program pelatihan komputer di desa terpencil. Communnity Development Journal, 4(1), 654–661.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13, 319–340.

Fauzi, A. A. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi di berbagai sektor pada masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fuadi, D., Anif, S., Muliasari, K. C., Rahmawati, T., Lestari, D., & Hastuti, W. (2021). Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.13944

Hayana, Abd. Hamid, Musmulyadi, Syafrida, & Sundari Rahman. (2024). Pengembangan Sistem Digital Pengabdian: Solusi Inovatif Dalam Mendukung Program Pengabdian Masyarakat. Makkareso Journal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 015–029.

IAIN Pare. (2024). Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Transfomasi Digital Tahun 2024. Sosgama.Iainpare.Ac.Id.

Indonesia, U. S. (2022). Model Pembelajaran Berbasis OBE & Proyek. Sains.Ac.Id.

Irkamedia. (2023). Solusi Aplikasi Digital untuk Desa Panggungharjo, Bantul. Www.Indonesiana.Id.

Irma, R. M., Ahmad Gunawan, Imam Sucipto, Suryadi, Rizqon Hoeroni, & Agung Yannesa. (2024). Membangun Literasi Digital Masyarakat Desa Kedungwaringin dalam Menyongsong Transformasi Teknologi. HARMONI PENGABDIAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–8.

Islami, J. M. M., Lidanatu Ilmin, Desy Nur Afny, Achmad Supriyanto, & MA Muazar Habibi. (2024). SLR: Penerapan Pembelajaran Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2832–2848.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development (1st ed., Vol. 1). Prentice-Hall.

Nonaka, I., Toyama, R., & Konno, N. (2000). SECI, Ba and Leadership: a Unified Model of Dynamic Knowledge Creation. Long Range Planning, 33(1), 5–34. https://doi.org/10.1016/S0024-6301(99)00115-6

Nurpauzi, A., Hidayat, D., & Meilya, I. R. (2025). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Untuk Pemberdayaan Pemuda Di Karang Taruna Desa Margasari Kabupaten Karawang. Comm-Edu (Community Education Journal), 8(1), 68–78.

Yigitcanlar, T., Downie, A. T., Mathews, S., Fatima, S., MacPherson, J., Behara, K. N. S., & Paz, A. (2024). Digital technologies of transportation-related communication: Review and the state-of-the-art. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 23, 100987. https://doi.org/10.1016/j.trip.2023.100987

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Terminanto, A. A., Haryanti, E., Siahaan, T., Arifannisa, A., & Khakim, N. (2025). TRANSFORMASI MANAJEMEN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2352–2358. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44504

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.