PENGENALAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN: MENGGUNAKAN VIDEO DAN ANIMASI UNTUK EDUKASI

Authors

  • Sandra Ivonnie Telussa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Ratna Susanti Politeknik Indonusa Surakarta
  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Olivia Tahalele Universitas Pattimura
  • Achmad Ardiansyah Universitas Budi Luhur
  • Mepa Kurniasih Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44393

Keywords:

Multimedia, Video Edukasi, Animasi, Pelatihan Guru, Pembelajaran Digital

Abstract

Penggunaan multimedia dalam pembelajaran telah menjadi kebutuhan yang mendesak di era digital saat ini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan penggunaan video dan animasi sebagai media edukasi kepada guru-guru Sekolah Dasar dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Maluku, Surakarta, Kabupaten Barito Kuala (Kalimantan Selatan), dan Jakarta Selatan. Kegiatan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan melibatkan 15 guru peserta. Metode pelatihan digunakan dalam bentuk penyampaian materi, demonstrasi, dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan video dan animasi untuk pembelajaran. Evaluasi pre-test dan post-test mengindikasikan adanya peningkatan skor rata-rata pada seluruh aspek yang dilatihkan. Secara kualitatif, peserta menunjukkan antusiasme tinggi, menghasilkan karya multimedia sederhana, serta menyatakan komitmen untuk menerapkan hasil pelatihan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah masing-masing. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendorong transformasi pembelajaran berbasis teknologi dan dapat dikembangkan lebih lanjut melalui riset lanjutan yang menelaah implementasi nyata di kelas.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Cahyani, A., & Kusuma, I. P. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 123-132.

Dzulkurnain, M. I., Cahyono, D., Marzani, M., Nasar, I., Kusayang, T., & Sari, M. N. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Menengah Dalam Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif: Kontribusi Perguruan Tinggi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3823-3830.

Hanifah, D. P., Wibowo, S., Wardani, K. D. K. A., Budiyono, A., Pratama, M. P., Sari, M. N., ... & Putri, R. A. R. (2023). Teori dan Prinsip Pengembangan Media Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Ilmi, A. R. M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782-789.

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2024). The role of technology in implementing kurikulum merdeka: A review of current practices. Edu Research, 5(1), 171-183.

Norliani, N., Sari, M. N., Safarudin, M. S., Jaya, R., Baharuddin, B., & Nugraha, A. R. (2024). Transformasi digital dan dampaknya pada organisasi: Tinjauan terhadap implementasi teknologi informatika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10779-10787.

Pratama, E. Y., Tahalele, O., Cahyono, D., Franchisca, S., Rohani, T., & Sari, M. N. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Game Pada Pendidikan Tinggi: Meningkatkan Keterlibatan Dan Motivasi Mahasiswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1602-1607.

Putra, Z. A., & Mulyani, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(2), 45-51.

Sari, D. P., & Ramadhan, R. (2022). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(1), 77–85.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, N. (2023). The role of artificial intelligence (AI) in developing English language learner's communication skills. Journal on Education, 6(01), 750-757.

Silaban, R. A., Ilahi, A., Effendi, E., Sari, M. N., Putri, R. T. H., Syarifah, H., ... & Sinaga, D. (2024). Gaya Belajar Peserta Didik. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Susanti, R., Telussa, S. I., Firdaus, F., Tahalele, O., Ardiansyah, A., & Kurniasih, M. (2024). Pengenalan Multimedia dalam Pembelajaran: Menggunakan Video dan Animasi untuk Edukasi. Artikel Pengabdian kepada Masyarakat (tidak diterbitkan).

Tarukallo, Y., Hartono, W. J., Tondowala, I. B., Melyati, D., Dzulkurnain, M. I., & Sari, M. N. (2024). THE ROLE OF TECHNOLOGY IN ENHANCING ENGLISH SPEAKING SKILLS A LITERATURE OVERVIEW. EDU RESEARCH, 5(4), 278-292.

Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature. Journal on Education, 6(01), 2847-2856.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Telussa, S. I., Susanti, R., Firdaus, F., Tahalele, O., Ardiansyah, A., & Kurniasih, M. (2025). PENGENALAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN: MENGGUNAKAN VIDEO DAN ANIMASI UNTUK EDUKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2536–2540. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44393

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.