MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMA MELALUI DISKUSI DAN DEBAT

Authors

  • Puji Hariati Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nurmayana Nurmayana Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Purwarno Purwarno Universitas Islam Sumatera Utara
  • Purwanto Siwi Universitas Islam Sumatera Utara
  • Sri Handayani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nurhalimah Nurhalimah Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43777

Keywords:

Keterampilan berbicara, bahasa Inggris, diskusi, debat, SMA, pengajaran bahasa.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode diskusi dan debat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan siswa SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi. Dalam konteks globalisasi, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sangat penting bagi siswa untuk berkompetisi di dunia internasional. Namun, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam berbicara dengan lancar dan percaya diri. Oleh karena itu, penelitian ini mengimplementasikan metode diskusi dan debat sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dengan kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi yang terlibat dalam kegiatan diskusi dan debat. Data dikumpulkan melalui tes berbicara yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan, kuesioner untuk mengukur persepsi siswa, serta wawancara dan observasi untuk menggali pengalaman siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara siswa, baik dari segi kelancaran, penguasaan kosakata, maupun pengucapan. Berdasarkan temuan dari kuesioner dan wawancara, siswa juga melaporkan peningkatan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa diskusi dan debat dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa, dengan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun argumen dan berbicara secara terstruktur. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan secara rutin dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi dan sekolah-sekolah lainnya untuk memaksimalkan potensi siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

References

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.

Bygate, M. (1987). Speaking. Oxford University Press.

Chaney, A. L., & Burk, T. L. (1998). Teaching oral communication in grades K-8. Allyn & Bacon.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th ed.). Pearson Longman.

Kayi, H. (2006). Teaching speaking: Activities to promote speaking in a second language. The Internet TESL Journal, 12(11).

Nunan, D. (2001). Second language teaching & learning. Heinle & Heinle.

Nunan, D. (2003). Practical English language teaching. McGraw-Hill.

Richards, J. C. (2008). Teaching listening and speaking: From theory to practice. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching (3rd ed.). Cambridge University Press.

Thornbury, S. (2005). How to teach speaking. Pearson Longman.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Hariati, P., Nurmayana, N., Purwarno, P., Siwi, P., Handayani, S., & Nurhalimah, N. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMA MELALUI DISKUSI DAN DEBAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2345–2351. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43777

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.