OPTIMALISASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS TPS 3R UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS PADA SDN 14 DANGIN PURI)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43448Keywords:
Optimization, TPS 3R, Waste Management, Environmental AwarenessAbstract
Sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan bermasyarakat dan lingkungan. Oleh karena itu, pengelolaan sampah yang efektif menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Berdasarkan petunjuk Teknis TPS 3R, Program ini bertujuan untuk mengurangi jumlah serta memperbaikan kondisi limbah atau sampah dengan sistem pengolahan berkelanjutan hingga tahap pemrosesan akhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, pengelolaan sampah di Kelurahan Dangin Puri masih belum optimal, sehingga diperlukan strategi yang lebih efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah berbasis TPS 3R guna meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat, khususnya di SDN 14 Dangin Puri. Metode yang di gunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan pemilahan sampah, praktik pengolahan sampah organic dan anorganik, serta monitoring keberlanjutan program. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 14 Dangin Puri dengan melibatkan siswa, guru, serta masyarakat sekitar sebagai responden utama. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan partisipasi Masyarakat dalam memilah serta mengelola sampah secara mandiri. Implementasi TPS 3R membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA serta meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah perilaku positif dalam pengelolaan sampah, yang diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi kebiasaan di lingkungan sekolah dan Masyarakat sekitar.References
Adzani, I. A., Azizah, K. N., Adiwinata, N. J., & Marthania, W. (2024). Implementasi Ekopedagogi Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 106–115. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2730
Amien, E. R., Novita, D. D., Tenaumbanua, M., & Wisnu, F. K. (2023). Pengenalan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Peningkatan Kesadaran Lingkungan di SD Khoiru Ummah Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 2(1), 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.70110/jppmi.v2i1.10
Arbi, R. (2019). Optimasi untuk pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dengan metode fuzzy logic dan hill climbing (studi kasus dinas lingkungan hidup DKI Jakarta). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah …. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50312
Dewi, N. M. E. N., Rahayu, N. N. S., Hendrawan, F., & Darmawan, A. J. (2023). Pemberdayaan Pengelolaan Sampah Di TPS3R Pemogan, Denpasar Sebagai Upaya Pengembangan Inovasi Desain Produk Interior Dari Pengolahan Limbah Plastik. Jurnal Patra, 5(2), 146–156. https://doi.org/https://doi.org/10.35886/patra.v5i2.730
Febriani, L., Siregar, Y. I., & Putra, R. M. (2020). Analisis pengelolaan sampah rumah tangga berbasis masyarakat di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Photon: Journal of Natural Sciences and Technology, 11(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jp.v11i1.2089
Kusdiah, Y., Sriwati, M., Kasnawati, K., & Sampe, R. (2024). Peran Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7415–7421. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29635
Mamat, M., Yaacob, M., Keng, L. K., Yusof, N. A., Ma’arof, D. Z., Ramachandran, D., & Sayuti, M. H. (2024). ENVIROMENTAL EDUCATION IN CHILDREN: 3R PRACTICES IN BOBOIBOY ANIMATION. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(6), 1–21.
Miranda, Y. (2020). Perencanaan Sistem Manajemen Persampahan Kabupaten Aceh Selatan. UIN Ar-Raniry.
Purnami, W. (2020). Pengelolaan sampah di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kesadaran ekologi siswa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083
Rafi, P., & Perkasa, M. N. (2023). Dampak kerusakan terhadap lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik berdasarkan tinjauan UU No. 18 Tahun 2008. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1420–1425. https://doi.org/https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.299
Saepudin, A., & Kushendar, D. H. (2021). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Kota Bandung (Studi Kasus Kangpisman Di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1302–1309. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i5.2021.1302-1309
Sari, F., & Abdillah, N. (2024). Edukasi 3R dalam Penanganan Sampah Menuju Sekolah Adiwiyata. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 415–421. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85157
Silalahi, P. (2022). UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 2TARUTUNG. UNIMED.
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Made Yunni Astuti, Made Ermawan Yoga Antara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.