TRANSFORMASI PENGAJARAN DENGAN VIRTUAL REALITY: PELATIHAN GURU SEBAGAI KATALISATOR INOVASI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43256Keywords:
Transformasi_Pengajaran, Virtual Reality, Pelatihan Guru, Katalisator Inovasi PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi di dunia pendidikan semakin mendorong inovasi dalam metode pengajaran. Salah satu teknologi yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar adalah Virtual Reality (VR). Penggunaan VR dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih imersif, interaktif, dan menarik, memungkinkan siswa untuk memahami konsep-konsep yang sulit dijelaskan dengan metode konvensional. Tujuan pelatihan Virtual Reality (VR) bagi guru sekolah dasar sebagai upaya untuk memperkenalkan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi ini untuk pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru tentang konsep VR, memberikan keterampilan praktis dalam penggunaannya, dan mendorong terciptanya metode pembelajaran yang lebih inovatif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai bagaimana pelatihan ini dapat memotivasi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan berbasis demonstrasi dan praktek langsung, di mana para guru diberi kesempatan untuk merasakan secara langsung bagaimana VR dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis hasil pelatihan, serta dampaknya terhadap keterampilan dan motivasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan VR berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis guru dalam menggunakan teknologi VR, serta mendorong mereka untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Para guru juga melaporkan peningkatan motivasi dalam menggunakan teknologi ini di kelas untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.References
Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., & Al-Ansi, A. (2023). Analyzing augmented reality (AR) and virtual reality (VR) recent development in education. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 2023–2025. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100532
Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digita. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Dumayanti, A. P., & Kusumawati, T. I. (2024). Penerapan Media Berbasis Virtual Reality Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Research and Development Journal of Education, 10(1), 628. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23369
Halim, A., & Manurung, A. S. (2023). Teknologi Virtual Reality: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2373–2381.
Hayati, R., Muamar, M. R., Wahyuni, R., Miswar, M., & Marzuki, M. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9454–9459. https://doi.org/10.51574/patikala.v3i1.858
Hayati, R., Kartika, Y., Zuraini, Z., Meilinar, F., & Jannah, N. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 317-324.
Hayati, R., Abdillah, T. R., Meilinar, F., & Zuraini, Z. (2024). Pendampingan Guru melalui Difusi Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi TPACK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4802-4813.
Hayati, R. (2023). BAB 3 INOVASI DAN KATEGORI ADOPTER. Inovasi Pendidikan, 4(1), 25.
Iskandar Dzulkurnain, M., Cahyono, D., Nasar, I., Kusayang, T., & Nurmalia Sari, M. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Menengah Dalam Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif: Kontribusi Perguruan Tinggi. Communnity Development Journal, 5(2), 3823–3830.
Javaid, M., Haleem, A., Singh, R. P., & Dhall, S. (2024). Role of virtual reality in advancing education with sustainability and identification of Additive Manufacturing as its cost-effective enabler. Sustainable Futures, 8(December), 1–62. https://doi.org/10.1016/j.sftr.2024.100324
Maulana, S. R., Ronggowulan, L., Studi, P., Geografi, P., Keguruan, F., Maret, U. S., Aktivitas, T., Siswa, B., & Xi, K. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 Article History : Pembelajaran Virtual Reality bencana alam . Proses pembelajaran yang telah dilakukan selama ini membuat siswa. 2, 121–132.
Sebastian Salim, B., & Ivander, F. (2024). Integrasi Realitas Virtual DalamProgram Pelatihan PengembanganKeterampilan Teknis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol 7 No 2, 4256–4263. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Siahaya, S. R., Komputer, F. I., Informatika, T., Pamulang, U., Raya, J., & No, P. (2024). Literatur Review : Penerapan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif. 2(2), 313–319.
Supriyantomo, N. A., & Fauzan, R. T. (2024). Virtual Reality (Vr) Dalam Pendidikan: Strategi Menyongsong Pendidikan Masa Depan Di Era Metaverse. 5, 6.
Subroto, D. E., Hayati, R., Nurlely, L., Agustina, P., Suyitno, M., Dewi, N. K., ... & Pohan, S. H. (2023). Inovasi Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Yanto, B., Supriyanto, A., Riki Mustafa, S., & Jawa Kota Solok, K. (2023). Pelatihan Peningkatan Inovasi Virtual Reality (Vr) Millealab Bagi Guru Sdn 05 Kampung Jawa Kota Solok. Communnity Development Journal, 4(2), 1782–1788.
Zuraini, Z., Nofriati, E., Hayati, R., & Zulhelmi, Z. (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KREATIFITAS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP GURU-GURU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9454–9459. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35531
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Hayati, M Rezeki Muamar, Zuraini Zuraini, Fachrurazi Fachrurazi, Asrul Karim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.