INTEGRASI PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG INOVATIF DAN BERMAKNA DI SD NEGERI PANCIRO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42248Keywords:
Pembelajaran Digital, Suasana Inovatif dan BermaknaAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menciptkana suasana belajar yang inovatif dan bermakna di SD melalui pemanfaatan pembelajaran digital dengan pendampingan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar. Era digital telah mengubah hampir semua aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran dapat menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna, di mana siswa tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Artikel ini mengkaji bagaimana integrasi pembelajaran digital dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang inovatif dan bermakna, serta bagaimana teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar. Berdasarkan hasil program menunjukkan bahwa pembelajaran digital memberikan peluang besar dalam menciptakan pengalaman yang lebih personal, fleksibel, dan interaktif. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital dan kesiapan pendidik harus diatasi agar manfaat teknologi dapat maksimal.References
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Al-Emran, M., & Malik, S. (2021). Digital learning and educational technology: Applications and challenges. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1-17.
Bates, T. (2021). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. Tony Bates Associates.
Dede, C. (2021). Learning in a digital age: The role of technology in the transformation of education. Education Policy Analysis Archives, 29(19), 1-21.
Pratiwi, D., Novia Larasati, A., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Abad-21. Jurnal TERBAIK (Pendidikan Biologi, Sains dan Teknologi), 5(2), 211–216
Prabowo, S., Nisaa’k, Z. K., & Fathoni, T. (2025). Strategi Menghadapi Peserta Didik Remaja Melalui Pendekatan Empatik Dalam Bimbingan dan Konseling. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 458–467.
Pratiwi, E. (2022). Personalisasi Pembelajaran Melalui Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 67– 76.
Puentedura, R. R. (2021). SAMR model for technology integration. Educational Technology and Transformation, 11(3), 48-53.
Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran: Utilization of gadget technology as a learning media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10.
Rohaini, A., & Fathoni, T. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lingkungan Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 450–457.
Rakhmawati, D. (2020). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 15–25.
Reeves, T. C., & Oh, E. (2021). How do we evaluate technology-enhanced learning environments? British Journal of Educational Technology, 52(1), 1-22.
Santoso, B., & Hidayat, R. (2021). Inovasi Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 4(1), 78–89
Sati, L., Jaelani, W. R., & Herlambang, Y. T. (2024). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Filosofis. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(4), 57–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Fadilah, Mukhlis Mukhlis, Syekh Adiwijaya Latief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.