PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN SLR MENGGUNAKAN CHATGPT DAN SCISPACE: PROGRAM PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI AI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42113Keywords:
AI; ChatGPT; Systematic Literature Review; Scispace; TeknologiAbstract
Perkembangan Artificial Intelligence (AI) di bidang pendidikan telah berkembang dan dimplementasikan dengan pesat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang metode SLR serta mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi AI yaitu ChatGPT dan SciSpace. Dua AI ini sebagai alat bantu dalam penyusunan kajian pustaka atau SLR. Kegiatan pelatihan ini melibatkan 16 mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Mataram dengan menggunakan metode ceramah, praktik, dan pendampingan berkelanjutan. Selama pelatihan, peserta diajarkan cara mengoptimalkan kombinasi penggunaan ChatGPT dan Scispace untuk mencari literatur yang relevan dan menyusun SLR dengan optimal. Evaluasi dilakukan melalui angket sebanyak tujuh indikator penilaian berdasarkan respon peserta yang bertujuan untuk mengukur pemahaman dan kepuasan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata capaian keterampilan mahasiswa sebesar 86,96 dengan skor tertinggi sebesar 88,73 pada indikator penggunaan ChatGPT yang efektif untuk membantu penyusunan SLR. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun SLR menggunakan teknologi berbasis AI.References
Aldahwan, N. S., & Alsaeed, N. I. (2020). Use of Artificial Intelligent in Learning Management System (LMS): A Systematic Literature Review. International Journal of Computer Applications. https://doi.org/10.5120/ijca2020920611
Alfarizi, D. N., Pangestu, R. A., Aditya, D., Setiawan, M. A., & Rosyani, P. (2023). Penggunaan Metode YOLO Pada Deteksi Objek: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. AI Dan SPK: Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1(1), 54–63.
Arif, M. F., Nurkholis, A., Laia, S., & Rosyani, P. (2023). Deteksi Kendaraan dengan Metode YOLO. AI Dan SPK: Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1(1), 20–27.
Bolanos, F., Salatino, A. A., Osborne, F., & Motta, E. (2024). Artificial intelligence for literature reviews: opportunities and challenges. Artificial Intelligence Review, 57(9). https://doi.org/10.1007/s10462-024-10902-3
Borrego, M., Foster, M. J., & Froyd, J. E. (2014). Systematic literature reviews in engineering education and other developing interdisciplinary fields. Journal of Engineering Education. https://doi.org/10.1002/jee.20038
Castillo-Segura, P., Alario-Hoyos, C., Kloos, C. D., & Fernandez Panadero, C. (2023). Leveraging the Potential of Generative AI to Accelerate Systematic Literature Reviews: An Example in the Area of Educational Technology. 2023 IEEE IFEES World Engineering Education Forum and Global Engineering Deans Council: Convergence for a Better World: A Call to Action, WEEF-GEDC 2023 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/WEEF-GEDC59520.2023.10344098
Gajbhiye, C. K. (2024). Impact of Artificial Intelligence (AI) in Library Services. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(3). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i03.22452
Hwang, G. J., Xie, H., Wah, B. W., & Gašević, D. (2020). Vision, challenges, roles and research issues of Artificial Intelligence in Education. In Computers and Education: Artificial Intelligence. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001
Kumar, P. (2024). Reshaping the library landscape: Exploring the integration of artificial intelligence in libraries. IP Indian Journal of Library Science and Information Technology, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.18231/j.ijlsit.2024.005
Lingard, L. (2023). Writing with ChatGPT: An Illustration of its Capacity, Limitations & Implications for Academic Writers. In Perspectives on Medical Education. https://doi.org/10.5334/pme.1072
Mohamed Shaffril, H. A., Samsuddin, S. F., & Abu Samah, A. (2021). The ABC of systematic literature review: the basic methodological guidance for beginners. Quality and Quantity. https://doi.org/10.1007/s11135-020-01059-6
Nurkholis, A., & Ikasari, I. H. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Sistem Informasi Manajemen. AI Dan SPK: Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1(1), 41–47.
Pangestu, R. A., & Ikasari, I. H. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Big Data untuk Analisis Bisnis. AI Dan SPK: Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1(1), 64–67.
Pati, D., & Lorusso, L. N. (2018). How to Write a Systematic Review of the Literature. Health Environments Research and Design Journal. https://doi.org/10.1177/1937586717747384
Sentiana, F., Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (2024). Pemanfaatan artificial intelligence pada layanan informasi di perpustakaan. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 247–258.
Setiawan, E., Putra, A. P., Almunfasir, M. S. F., & Prabu, R. A. (2023). Kecerdasan Buatan pada Perpustakaan Sebagai Wajah Baru Literasi: Kajian Pustaka. AI Dan SPK: Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1(1), 92–99.
Tella, A. (2023). Application of Artificial Intelligence for Reference Services in Academic Libraries: A Global Overview through a Systematic Review of Literature. Journal of Library Resource Sharing. https://doi.org/10.1080/26915979.2023.2281668
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Ejournal.Unipas.Ac.Id.
Tomczyk, P., Brüggemann, P., & Vrontis, D. (2024). AI meets academia: transforming systematic literature reviews. Euromed Journal of Business. https://doi.org/10.1108/emjb-03-2024-0055
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syaharuddin Syaharuddin, Ilham Ilham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










