UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TEORI DASAR MUSIK PADA ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA HKBP BINJAI DALAM KEGIATAN PRAKTEK LAPANG TEMATIK

Authors

  • Emmi Simangunsong Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Maribeth O. Simorangkir Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rendi L. R. Gultom Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Putri M. Situmeang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Epi H. Simangunsong Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4210

Keywords:

Peningkatan Pengetahuan, Latihan, Praktek Lapang Tematik (PLT).

Abstract

Dalam kegiatan Praktek Lapang Tematik (PLT),  dosen bersama mahasiswa  Program Studi Seni Musik dan Sastra Inggris   berkolaborasi   melakukan   pengajaran teori dasar musik dan latihan bernyanyi  bagi  anak sekolah minggu   Gereja HKBP Binjai.  Anak sekolah minggu   sangat berminat belajar bernyanyi dan bermain alat musik. Permasalahan yang dihadapi pihak Gereja/mitra adalah  anak sekolah minggu  belum memahami teori dasar musik. Oleh karena itu, anak sekolah minggu  diberi pembelajaran teori dasar  musik dan  latihan menyanyikan lagu  dari   Buku Logu (nyanyian rohani Gereja HKBP).  Hasil  pembelajaran teori dasar musik telah meningkatkan pengetahuan  anak sekolah minggu  tentang sebutan nada-nada 1 2 3 4 5 6 7 (do, re, mi, fa, sol, la,si) dan  mampu menyanyikannya; mampu memainkan ritme/ketukan dasar dalam satu birama, mampu menyusun nada-nada dalam tangga  nada G Mayor,  D Mayor,  dan A Mayor. Anak sekolah minggu juga mampu membaca notasi angka dan notasi balok  lagu O Tuhan Sulingkit Ma Au  dan mampu menyanyikan lagu tersebut dengan benar.

References

Afandi. (3013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: SultanAgung Press.

Djamarah dan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Maswan dan Khoirul Muslimin. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Silalahi, Jojor H. D., Junita Batbara, et al. (2022). Peningkatan Membaca Notasi Angka Terhadap Parguru Malua Di Gereja HKBP Sola Gratia Melalhui Kegiatan Praktik Lapang Tematik. Abdi Dosen Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 6, No. 1, pp188-193.

http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOSEN/issue/archive

Silitonga, A. Hampego dan Junita Batubara, et al. (2022). Praktek dan Partisipasi Dosen dan Mahasiswa Melatih Bernyanyi Naposo Bulung HKBP Sola Gratia Binjai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3. No. 1, hal. 145-150.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/odj

https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus Merdeka-2020-1.pdf

Downloads

Published

2022-04-29 — Updated on 2022-04-29

Versions

How to Cite

Simangunsong, E. ., Simorangkir, M. O. ., Gultom, R. L. R. ., Situmeang, P. M. ., & Simangunsong, E. H. . (2022). UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TEORI DASAR MUSIK PADA ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA HKBP BINJAI DALAM KEGIATAN PRAKTEK LAPANG TEMATIK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 366–371. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4210