PELATIHAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU MA MUHAMMADIYAH 7 PONOROGO

Authors

  • Devid Dwi Erwahyudin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Anip Dwi Saputro Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • M. Zainal Arif Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Antoon Bahrudin Amri Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Riska Nur Aisya Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41981

Keywords:

Canva, Media Belajar, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Pelatihan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran interaktif bagi guru MA Muhammadiyah 7 Ponorogo bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan menarik. Canva dipilih sebagai alat utama karena kemudahan penggunaannya serta fitur-fitur yang lengkap untuk mendesain presentasi, infografis, dan media pembelajaran lainnya. Metode pelatihan yang digunakan meliputi workshop, praktik langsung, dan pendampingan, sehingga guru dapat memahami dan mengaplikasikan canva dalam proses pembelajaran. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan visual, yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Selain itu, pelatihan ini juga mendorong guru untuk lebih inovatif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Pelatihan Canva tidak hanya memperkaya keterampilan teknis guru, tetapi juga mendukung terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif di MA Muhammadiyah 7 Ponorogo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 bulan lamanya dari bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2024, dengan beberapa tahapan yaitu; 1) tahap pertemuan menyepakati kerja sama kegiatan pengabdian dengan mitra, 2) tahap membuat proposal ke LPPM Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan perencanaan program pengabdian, 3) merealisasikan kegiatan Pendampingan di MA Muhammadiyah 7 Ponorogo

References

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/mwdwxy87

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Pintarnya, R. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Harus Diketahui. Blog.Pintarnya.Com, 4(2), 335–343. https://blog.pintarnya.com/keahlian-kerja/kelebihan-dan-kekurangan-canva/

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Erwahyudin, D. D., Saputro, A. D., Arif, M. Z., Amri, A. B., & Aisya, R. N. (2025). PELATIHAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU MA MUHAMMADIYAH 7 PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 800–804. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41981

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.