PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL DOSEN UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41457Keywords:
Kompetensi Digital, Pembelajaran Teknologi, Pelatihan DosenAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital dosen dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi, sebuah kebutuhan mendesak dalam era Revolusi Industri 4.0 dan pascapandemi COVID-19. Pelatihan dilakukan secara daring dengan melibatkan 54 peserta dari berbagai kalangan. Metode yang digunakan mencakup pemaparan teori, simulasi praktis, dan diskusi kelompok. Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta terhadap teknologi pembelajaran digital, dengan 85% peserta menunjukkan peningkatan kemampuan. Peserta juga diapresiasi atas penerapan teknologi ke dalam pembelajaran dalam dua minggu setelah pelatihan. Dengan hasil ini, kegiatan ini berkontribusi pada mendukung kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Indonesia. Keberhasilan pelatihan menunjukkan pentingnya tindak lanjut untuk memastikan implementasi yang berkelanjutan.References
Candra, C., Zahara, Z., Hakim, F., Lusono, A., & Kraugusteeliana, K. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI ERA SOCIETY 5.0. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Salim, D. (2024a). PENERAPAN METODE PENYUSUTAN MENURUT KETENTUAN PAJAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN DI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI MEDAN. Jurnal Studi Akuntansi Pajak Keuangan, 2(3), 146–151.
Salim, D. (2024b). PROSEDUR PENYELESAIAN KLAIM PADA PT ALLIANZ INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(1).
Siagian, M. V. S., & Tanjung, F. S. (2023). ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABEL PADA RESTORAN CALISTA BINJAI. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 83–91.
Sitompul, P. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotik Nasional Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(2), 75–84.
Sitompul, P. N. (2024). Metode Vector Autoregressive (VAR) dalam Menganalisis Pengaruh Inflasi Terhadap Ekspor Dan Impor Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6541–6555.
Sitompul, P. N., Patni, N. L. P. S. S., Munir, S., Kraugusteeliana, K., & Indrianti, M. A. (2024). PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Sitompul, P. N., Winata, C., Sihite, L., & Ariadi, E. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA AGEN ASURANSI (STUDI PADA PT PANIN DAI-ICHI LIFE–SUKSES AGENCY). Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2), 33–42.
T-test, U. B., & ROA, C. A. R. (n.d.). STUDI KOMPERATIF KINERJA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Bank Syariah dan Bank Konvensional yang terdaftar di OJK tahun 2023).
Tambunan, H. N., & Pandiangan, S. M. T. (2024). Pengaruh Kegunaan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 650–658.
Tanjung, F. S., Hendarti, R., & Siagian, M. V. S. (2023). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD. BSS KOTA MEDAN. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 75–82.
Wardana, B. (2024). IMPLEMENTASI METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA GAS. Journal of Software Engineering and Information System (SEIS), 16–22.
Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.
Wardana, B., & Sumijan, S. (2021). Perangkingan Potensi Guru dalam Penentuan Calon Kepala Sekolah Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 189–196.
Winata, C. (2024a). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.
Winata, C. (2024b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk PF di CV. Putera Fajar Medan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 766–774.
Al-Faki, I. M., & Khamis, A. H. (2014). Difficulties facing teachers in using interactive whiteboards in their classes. American International Journal of Social Science, 3(2), 136-158.
Anderson, T. (2008). The theory and practice of online learning. Athabasca University Press.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. Jossey-Bass.
Kemendikbudristek. (2020). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2021). Survei literasi digital dosen. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kirkwood, A., & Price, L. (2014). Technology-enhanced learning and teaching in higher education: What is 'enhanced' and how do we know? Learning, Media and Technology, 39(1), 6-36.
Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 46(4), 609-611.
Schwab, K. (2016). The fourth industrial revolution. Penguin Random House.
UNESCO. (2021). Digital literacy global framework. Paris: UNESCO.
Kegiatan Pelatihan Kompetensi Digital, 2022. Evaluasi dan hasil implementasi. Yogyakarta: Universitas Negeri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyudi BR, Wiranti Kusuma Hapsari, Mulyadi Nur, Liani Sari, Baso Intang Sappaile

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.