PELATIHAN PEMBUATAN MATERI AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI DOSEN DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41455Abstract
Pelatihan pembuatan materi ajar digital menggunakan Canva merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring di kalangan dosen. Permasalahan umum yang dihadapi adalah keterbatasan kemampuan teknis dosen dalam mendesain materi yang menarik dan interaktif, yang berpengaruh pada keterlibatan mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan 22 peserta dari berbagai institusi dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Metode pelatihan mencakup demonstrasi, latihan mandiri, dan diskusi interaktif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, di mana mayoritas peserta berhasil membuat materi ajar digital yang relevan. Pelatihan ini juga meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam memanfaatkan Canva untuk pembelajaran. Dengan hasil yang positif, kegiatan ini diharapkan dapat diadaptasi secara lebih luas untuk mendukung transformasi digital dalam pendidikan.References
Candra, C., Zahara, Z., Hakim, F., Lusono, A., & Kraugusteeliana, K. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI ERA SOCIETY 5.0. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Salim, D. (2024a). PENERAPAN METODE PENYUSUTAN MENURUT KETENTUAN PAJAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN DI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI MEDAN. Jurnal Studi Akuntansi Pajak Keuangan, 2(3), 146–151.
Salim, D. (2024b). PROSEDUR PENYELESAIAN KLAIM PADA PT ALLIANZ INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(1).
Siagian, M. V. S., & Tanjung, F. S. (2023). ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABEL PADA RESTORAN CALISTA BINJAI. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 83–91.
Sitompul, P. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotik Nasional Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(2), 75–84.
Sitompul, P. N. (2024). Metode Vector Autoregressive (VAR) dalam Menganalisis Pengaruh Inflasi Terhadap Ekspor Dan Impor Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6541–6555.
Sitompul, P. N., Patni, N. L. P. S. S., Munir, S., Kraugusteeliana, K., & Indrianti, M. A. (2024). PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Sitompul, P. N., Winata, C., Sihite, L., & Ariadi, E. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA AGEN ASURANSI (STUDI PADA PT PANIN DAI-ICHI LIFE–SUKSES AGENCY). Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2), 33–42.
T-test, U. B., & ROA, C. A. R. (n.d.). STUDI KOMPERATIF KINERJA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Bank Syariah dan Bank Konvensional yang terdaftar di OJK tahun 2023).
Tambunan, H. N., & Pandiangan, S. M. T. (2024). Pengaruh Kegunaan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 650–658.
Tanjung, F. S., Hendarti, R., & Siagian, M. V. S. (2023). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD. BSS KOTA MEDAN. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 75–82.
Wardana, B. (2024). IMPLEMENTASI METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA GAS. Journal of Software Engineering and Information System (SEIS), 16–22.
Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.
Wardana, B., & Sumijan, S. (2021). Perangkingan Potensi Guru dalam Penentuan Calon Kepala Sekolah Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 189–196.
Winata, C. (2024a). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.
Winata, C. (2024b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk PF di CV. Putera Fajar Medan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 766–774.
Andriani, T. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran digital. Jakarta: Gramedia.
Fauzan, M., et al. (2022). Strategi pendidikan digital di era pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 45-56.
Haryanto, R., & Nuraini, S. (2024). Inovasi pembelajaran menggunakan Canva. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Kemendikbud. (2020). Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, D., & Hamidah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Digital, 10(2), 120-135.
Prasetyo, A., et al. (2023). Penggunaan aplikasi Canva dalam desain pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 88-100.
Putra, Y., & Santoso, B. (2020). Transformasi digital dalam pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Rahayu, L., & Putri, N. (2023). Peningkatan kualitas materi ajar digital dengan Canva. Jurnal Edukasi, 12(1), 23-35.
Setyowati, D. (2022). Minat mahasiswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(4), 67-80.
Siregar, A. (2022). Teknologi dalam pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Nasional, 13(2), 34-50.
Situmorang, J. (2022). Canva sebagai solusi pembelajaran digital. Medan: Pustaka Edukasi.
UNESCO. (2023). The future of digital education. Paris: UNESCO Publishing.
Widodo, T., et al. (2021). Teknologi informasi dalam pendidikan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prastyadi Wibawa Rahayu, Ibnu Andli Marta, Didi Sudrajat, Suroso Suroso, Liza Husnita, Jeffrey Payung Langi, Budi Witjaksana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.